Marrin News

Hari Santri Nasional, Kandepag Minta Santri Al-Ikhlas Dapat Wujudkan Perdamaian Dunia

Foto bersama Kepala Kantor Agama Kota Tual Hanafi didampingi Kepsek SMA Terpadu Bustam K. Rengiwur S. Hut. dan Kepsek SMP Terpadu Al-ikhlas Tual Iwan Ubrusun S, Ag. Bersama para santri Ponpes usai upacara pembukaan Peringatan Hari Santri

Tual, Marrinnews.com.-  Hari Santri Nasional dengan tema Santri Indonesia untuk Perdamaian Dunia yang jatuh pada 22 Oktober 2019 diharapkan seluruh pondok pasantren di seluruh nusantara termasuk pasantren yang ada di Kota Tual dapat mewujudkan cita cita serta semangat tersebut.  Hal ini dikatakan Kepala Kantor Agama Kota Tual, Hanafi Kasim saat bertindak selaku Pembina dalam upacara pembukaan peringatan Hari Santri Nasional (HSN) yang berlangsung di lapangan Pondok Pasantren Al-Ikhlas Tual pada Senin 14 Oktober 2019.

“Mudah-mudahan keberadaan Pondok Pesantren Al-Ikhlas tual dapat memberi warna yang positif pada umat dan masyarakat di Kota ini dengan senantiasa menjadi rahmat bagi komunitas yang ada di sekitarnya,” Pintanya.

Lebih lanjut kata dia, penetapan HSN oleh Presiden dengan Keputusan No. 22 Tahun 2015 merupakan sebuah penghargaan serta pengakuan oleh bangsa ini atas jasa para ulama dan santri dalam mengawal dan mengisi kemerdekaan Republik Indonesia (RI).

“Di pundak para santri Al-Ikhlas hari ini diharapkan  dapat menjaga dan mengawal bangsa ini, otomatis kita menjaga pancasila dan negara kesatuan RI sebagai harga mati,” Ajaknya.

Dijelaskannya wilayah NKRI yang terdiri atas 1700 pulau, 34 Provinsi, 116 Kabupaten Kota dengan 1100 lebih bahasa daerah dan memiliki 6 besar agama diantaranya Islam, Kristen Protestan, Katolik, Hindu dan Budha tetapi kita mampu menyatukan bangsa ini menjadi satu kesatuan dan hidup rukun dan damai sehingga santri diharapkan dapat memelihara dan menjaga kondisi tersebut. 

“Mari kita kawal bangsa ini yang telah diperjuangkan oleh leluhur kita, para pejuang kita, juga yang lebih banyak berjasa para ulama dan santri, kita adalah umat yang hadir dimana saja dan selalu menaburkan benih-benih kedamaian,” Tegasnya.

Untuk itu, apa yang telah diperjuangkan sambungnya, tidak dapat  lagi diganggu dan diotak-atik sebagai bentuk penghargaan kepada Founding Father kita, atas sejarah tersebut dirinya mengapresiasi serta berterima kasih kepada pimpinan pondok pasantren Al-Ikhlas Tual serta seluruh stakeholder, diharapkannya melalui HSN yang jatuh pada 22 Oktober 2019 seluruh santri dapat memperingati serta menjiwai semangat para pendahulunya.

Pantauan media ini dalam peringatan tersebut, Pondok Pasantren Al-Ikhlas Tual dalam mengisi perayaan HSN tahun 2019 tersebut mengadakan lomba Tilawah, Hifzil Quran, Tilawatil Qur’an, Qosidah dan samra dengan melibatkan seluruh santri. (Cindy_81)   



Editor : Ridwan Kalengkongan

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar