Marrin News

Tingkatkan Profesionalitas, Satgas BKO Latih Satpol PP Kota Tual

Satgas BKO Kodim Koramil Persiapan saat melatih Anggota Satpol PP Kota Tual di Pelataran LPTQ Kamis (5/9/2019)


Tual, Marrinnews.com.- Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Tual saat pelatihan dasar dalam rangka peningkatan kapasitas aparatur terhadap tugas, fungsi dan peranannya selain mendapatkan teori juga dilatih secara fisik.

Pantauan media ini, Satpol PP dalam latihan Baris Berbaris, Penghormatan dan Dinas Jaga yang berlangsung selama 2 hari di pelataran LPTQ dilatih langsung oleh Satuan Tugas (Satgas) BKO Kodim Koramil Persiapan yang dipimpin Langsung Komandan Mayor Inf Ali Rahim S,Pd

Kepada Wartawan Komandan Mayor Inf Ali Rahim S,Pd saat diwawancarai mengatakan keterlibatan Satga BKO dalam pelatihan berdasarkan permintaan Walikota Tual Adam Rahayaan S,Ag. M,Si melalui Kasat Pol PP Ibrahim Tamher dalam rangka latihan dasar Satpol PP.

“Adapun Pelatihan yang diselenggarakan selama dua hari meliputi pelatihan baris berbaris kemudian bagaimana tata cara penghormatan dan latihan dinas jaga,” Jelasnya di Lptq Kota Tual  pada Kamis 5 September 2019.

Dijelaskanya dalam pelatihan tersebut dirinya menurunkan 22 Personil anggotanya yang bertujuan dapat meningkatkan disiplin.

“ Satpol PP adalah ujung tombak pemerintah Kota Tual sehingga pentingnya Disiplin dalam setiap kegiatan dilingkup Pemkot,” Tegasnya.
 
Komandan Satgas BKO Kodim Koramil Persiapan Mayor Inf Ali Rahim S,Pd
Selain itu Satpol PP merupakan pasukan utama penopang Pemerintahan Daerah sehingga perlunya pelatihan gerakan dasar atau semi militer dengan latihan baris berbaris guna menunjang kegiatan keseharianya.

“Untuk materi latihan penghormatan diharapkan output yang dihasilkan dalam keseharian, bagaimana anggota satpol PP memberikan penghormatan kepada letingnya, seniornya, dantonnya, Kasatnya dan bagaimana penghormatan kepada Pimpinan di Daerah dalam hal ini Walikota Dan Wakil Walikota,” Rincinya.

Selain itu Materi latihan yang diajarkan Sambungnya adalah Tata cara Dinas jaga yang juga tak kalah pentingnya dimana seorang Satpol Pp diajarkan bagaimana tata cara saat bertugas di Kantor maupun di Kediaman.

“ bagaimana cara menghadapi tamu, baik itu tamu yang berjalan kaki, menggunakan mobil maupun motor, untuk  latihan Dinas Jaga kami akan langsung melakukan simulasi guna bisa langsung dipraktekan,” Ungkapnya.

Walaupun waktu yang diberikan hanya 2 hari namun dirinya  bersama anggotanya akan melatih semaksimal mungkin, dirinya juga mengharapkan kedepan akan ada pelatihan khusus bagaimana menumbuhkan jiwa korsa.

“Persoalan waktu 2 hari itu sangat kurang sehingga kita hanya bisa memberikan dasar dasar sebagai modal awal, dan sesuai hasil koordinasi dengan Kasat Pol PP direncanakan kedepan akan ada pelatihan khusus selama 5-8 hari guna menumbuhkan jiwa korsa sesama anggota,” Tutupnya. (MN_86)

Editor : Ridwan Kalengkongan

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar