Marrin News

Tingkatkan Profesionalisme Pol PP Tual Gelar Pelatihan Dasar

Kasat Pol PP Provinsi Maluku Ronny Sam Wolter Tairas dan dan Sekretaris Bertha Unawekla saat penyampaian materi
Tual, Marrinnews.com.- Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Tual menggelar pelatihan dasar dalam rangka peningkatan kapasitas aparatur terhadap tugas, fungsi dan peranannya yang berlangsung diaula Balai Kota Tual pada senin 2 September 2019.

Pantauan media ini sebanyak 290 Anggota Pol PP dan staf terlibat dalam Pelatihan Dasar yang direncanakan akan berlangsung selama 10 hari dan berakhir pada tanggal 11 september 2019 dengan pemateri diantaranya Kasat dan Sekretaris Pol PP Provinsi Maluku Ronny Sam Wolter Tairas dan Bertha Unawekla.

Kasat Pol PP Provinsi Maluku Ronny Sam Wolter Tairas saat dikonfirmasi mengatakan pelatihan tersebut guna meningkatkan keterampilan Satpol PP agar dalam menangani masalah lebih profesional.

“ Bagaimana seorang anggota dalam menangani permasalahan harus tahu dulu permasalahan dan cara penyelesaiannya bagaimana,” Jelasnya.

Kegiatan tersebut sebagai komitmen Satpol PP dalam mendukung dan membantu Walikota dalam hal ini mengawal serta mengamankan program dan kebijakan Walikota dan juga melindungi masyarakat dengan menjamin ketentraman, keamanan sesuai yang telah diatur dalam tugas dan fungsi seorang Satpol PP.

“pelatihan dasar ini agar bagaimana mereka lebih mengetahui, bagaimana harus berbuat, Bagaimana Dia melindungi masyarakat itu dari segala macam gangguan yang akan muncul,” Ujarnya.

Selain itu dalam pelatihan tersebut juga Satpol PP diajarkan bagaimana memanfaatkan serta memaksimalkan peran Linmas yang mana peranya sangat strategis dimana sebagai mata  dan telinga Satpol PP, hal mengingat linmas lebih  mengetahui apa permasalahan yang muncul dalam masyarakat.

“ sebelum kita turun dia sudah duluan, coba kita liat ketika terjadi bencana yang turun duluan siapa ya linmas,  untuk itu bagaimana memberdayakan mereka serta meningkatkan pemahaman dan bagaimana menangani masalah,” Tegasnya.
 
sebanyak 290 Peserta yang terdiri dari Anggota dan staf Pol PP Kota Tual saat mengikuti pelatihan
 Dijelaskanya dalam menangani persoalan seorang linmas tidak dibenarkan menggunakan kekerasan, namun bagaimana membangun silahturahmi dan menjaga komunikasi yang baik bersama Tokoh yang ada pada wilayah dia ditugaskan, dengan begitu ketika ada persoalan bisa langsung mengetahui penyebab dan dapat mencari akar permasalahan sehingga diselesaikan dengan musyawarah mufakat.

“ dengan mengetahui titik persoalan maka masalah dapat diselesaikan dengan pendekatan secara kekeluargaan dan  muswarah mufakat, karena kekerasan sudah tidak laku lagi dan tak lagi relevan dalam penyelesaian sebuah masalah,” Tegasnya.
Kasat Pol PP Provinsi Maluku Ronny Sam Wolter Tairas 

Dirinya juga mengapresiasi Kasat Pol PP Kota Tual karena proaktif dan mendukung penuh kegiatan serta inovatif , diharapkan diabawah kepemimpinanya dapat menjadikan Pol PP Kota Tual lebih Profesional dan baik.


“ Kepada Peserta yang mengikuti Pelatihan agar materi yang didapat selama pelatihan diharapkan dapat  meningkatkan kapasitas terhadap tugas sehingga lebih profesional,” Tutupnya. (MN_86)

Editor : Ridwan Kalengkongan

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar