Marrin News

Sekda : Balai Karantina Ikan Diharapkan Bisa Meningkatkan Perekonomian Nelayan

Sekretaris Daerah Kota Tual A Yani Renuat S,Sos. M,Si
Tual, Marrinnews.com.- Rencana dibangunya Kantor Balai Karantina Ikan Provinsi Maluku di Kota Tual bagi pemerintah ini sangat strategis karena dapat mendorong ekspor terhadap hasil ikan oleh nelayan lokal hal tersebut dikatakan Sekda Kota Tual A Yani Renuat S,Sos. M,Si. saat dikonfirmasi terkait pertemuannya dengan Balai Karantina belum lama ini.

“Mengingat Kehadiran Balai Karantina yang berwenang mengeluarkan sertifikasi ekspor apabila pemerintah tidak memiliki balai karantina maka pengiriman ikan didalam negri maupun eksport tidak bisa dilakukan sehingga kehadiranya perlu direspon,” Ujar Renuat di  ruang kerjanya belum lama ini.

Lanjutnya hal ini sesuai Undang- Undang No 16 Tahun 2009 dimana secara tegas menyebutkan apabila tidak ada label sertifikasi dari Balai Karantina maka produk tersebut tidak dapat diterima karena untuk menjamin sebuah produk yang diekspor berkualitas maka wajib memiliki label dari karantina sehingga keberadaan Kantor Karantina sangat penting guna mendukung akses ekspor.

“untuk itu permintaan Balai Karantina terkait lahan maka saya akan melaporkan kepada Kepala Daerah untuk mendapat persetujuan dan apabila disetujui maka kita akan masukan pada tahun anggaran 2020 nanti,” Paparnya.

Diharapkanya dengan hadirnya balai karantina Ikan, nelayan bisa memanfaatkannya dimana yang sebelumnya hanya menjual hasil tangkapan pada pembeli lokal kedepan bisa melirik pasar dunia dengan kegiatan ekpor.


“ Untuk itu nelayan kita yang selama ini menjual hasilnya disini hanya dijual dengan harga jual yang kecil tapi apabila di ekspor maka tentunya hasil yang didapat nelayan juga besar sehingga keberadaan balai diharapkan bisa meningkatkan perekonomian nelayan pesisir,” Tutupnya. (MN_86)


Editor : Ridwan Kalengkongan

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar