Marrin News

Reklamasi Pantai Disetujui, Wali Kota Surati Gubernur Ucapkan Terima Kasih


Pemerintah Kota Tual saat mempresentasi Master Plan pengembangan Pantai Kiom langsung ke warga Kiom dan sekitarnya sekaligus meminta dukungan warga yang di laksanakan belum lama ini 

Tual, Marrinnews.com.- Reklamasi Pantai Kiom jangan disamakan dengan yang ada di Jakarta dimana untuk dan oleh kepentingan pihak swasta, Pemerintah Kota (Pemkot) Tual berkepentingan menata gerbang pintu masuk Kota dengan membangun Destinasi Wisata hal tersebut di katakan Wali Kota Tual Adam Rahayaan S,Ag. M,Si.

“bukan sekedar menciptakan destinasi wisata baru, tapi dibalik itu masyarakat disekitar kedepan bisa hidup, saat menjadi pusat rekreasi ibu-ibu bisa berjualan sehingga menjadi titik pertumbuhan ekonomi baru,” Ujar Wali Kota Tual Adam Rahayaan S,Ag. M,Si diruang kerjanya belum lama ini.

Lebih lanjut kata dia guna melanjutkan reklamasi tersebut dirinya bersama Sekda telah bertemu dengan Gubernur Maluku untuk merevisi redaksi pada pasal di Perda 01 tersebut, Gubernur menyatakan akan merubahnya.

“ Gubernur sampaikan laksanakan lanjutkan, itu saya yang tanggung jawab, hak diskresi kepala daerah, Pak Gub juga bilang bahwa saya lebih tahu dan banyak orang sudah cerita ke saya, Kan daerah itu lebih tahu tentang kondisi daerahnya,” Terang Rahayaan mengutip ucapan Gebernur Maluku Murad Ismail.

Dijelaskanya Reklamasi Pantai kiom 50 meter dari bibir pantai tidak mensyaratkan izin AMDAL kalau diatas 100 meter itu diwajibkan perizinan tersebut selain itu program tersebut adalah program lanjutan dari Bupati sebelumnya H Husein Rahayaan dimana dalam dokumenya itu talud tapi kenyataanya reklamasi dan tidak pernah dipersoalkan.

“jadi ini hanya soal nomenklatur di dalam batang tubuh APBD antara reklamasi atau talud, itu aja yang dipersoalkan, mari kita melihat tujuan besar yang ada di reklamasi pantai itu apa kedepan serta manfaat ke masyarakat,” Pintanya.

Selain dirinya bersama Sekda, Kadis Perikanan, Kadis Pekerjaan Umum, Kepala Bappeda, Kadis Lingkungan Hidup juga telah bertemu Gubernur dan telah memerintahkan untuk melanjutkan kembali reklamasi.

“ saya sudah balas surat resmi tertulis kepada gubernur Maluku sampaikan ucapan terima kasih saya dan seluruh warga masyarakat Kota Tual untuk kelanjutan reklamasi pantai kiom,” Terangnya.

Surat tersebut dilayangkan pasca pertemuan dirinya bersama Sekda dengan Gubernur Maluku yang telah merespon permintaan dari Pemerintah Kota Tual.

“ Kiom sebagai pintu gerbang masuk Kota Tual harus ditata dengan indah karena orang mau berkunjung ke bair tapi pintu masuknya masih seperti ini, maka ini harus dituntaskan sebelum yang lain di tata,” Tutupnya. (MN_86)

Editor : Ridwan Kalengkongan

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar