Marrin News

Sambut Akreditasi, Dinkes Tual Gelar Workshop

Dinkes saat menggelar Workshop Keselamatan Pasien dan Manajemen Resiko persiapan Akreditasi Puskesmas di aula Balai Kota Tual pada Rabu 31/07/2019


Tual, Marrinnews.com.- Dinas Kesehatan Kota Tual menggelar Workshop Keselamatan Pasien dan Manajemen Resiko sebagai upaya peningkatan mutu pelayanan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) dalam menyambut akreditasi yang dilakukan setiap 3 (tiga) tahun sekali yang berlangsung di aula Balai Kota pada Rabu 31 Juli 2019.

Kepala Dinas Kesehatan dr Betty Zubaedah dalam sambutanya kepada peserta yang berasal dari Puskesmas Desa Ngadi, Puskesmas Desa Dullah Laut, Puskesmas Desa Ohoiel dan Puskesmas Desa Tubyal mengatakan Akreditasi Puskesmas merupakan bentuk pengakuan oleh lembaga independen yang bertujuan untuk meningkatkan mutu pelayanan dan keselamatan bagi pasien.

“ selain itu agar meningkatkan perlindungan bagi sumber daya manusia kesehatan, masyarakat dan lingkungan serta Puskesmas dalam pelayanan,” jelasnya.
Peserta Workshop

Untuk itu diharapkan Puskesmas dapat menyusun program guna memperbaiki pelayanan terhadap pasien, hal ini agar menghindari kejadian yang yang tak diinginkan maka pentingnya sebuah perencanaan yang kompherensif.

“ dengan mampu meningkatkan keselamatan bagi pasien maka dapat mengembalikan kepercayaan masyarakat atas mutu pelayanan Puskesmas dan rumah sakit,” Pintanya.

Selain itu Workshop ini menekankan bahwa betapa pentingnya perencanaan, perancangan, pengukuran, analisis dan perbaikan proses klinis dan proses manajerial yang secara terus menerus dapat dikelola dengan baik karena diyakininya dengan kepemimimpinan yang baik maka akan mencapai hasil yang maksimal.

“ dengan pendekatan keselamatan pasien dapat memberi arti pelayanan klinis, sehingga upaya memperbaiki harus merujuk pada manajemen mutu dengan pengawasan dari tim perbaikan mutu dan keselamatan pasien,” tegasnya.

Oleh karena itu sambungnya, standar keselamatan bagi pasien wajib diterapkan juga fasilitas pelayanan kesehatan dan penilaianya dilakukan dengan menggunakan instrumen Akreditasi.


“ untuk itu Dinkes perlunya mengadakan workshop hari ini untuk mendukung implementasi akreditasi Puskesmas bagi 5 Puskesmas,” Tutupnya. (MN_86)

Editor : Ridwan Kalengkongan

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar