Marrin News

Rakor Pembinaan & Pengawasan Produk Hukum se-Maluku Digelar di Tual

Wakil Walikota Tual Usman Tamnge
Tual, Marrinnews.com.- Pemerintah Provinsi menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) pembinaan dan pengawasan produk Hukum Daerah pejabat Bagian Hukum Kabupaten Kota se-Maluku yang digelar di aula Kantor Walikota Tual pada Jumat 12 Juli 2019.

Wakil Walikota Tual Usman Tamnge yang membacakan sambutan Walikota Tual dihadapan Baperda DPRD kota Tual, Direktur produk hukum Daerah Dirjen Otda Kementrian Dalam Negri, Kepala Biro Hukum Pemprov,  Kepala Bagian Hukum Kabupaten Kota se- Maluku, para staf ahli dan asisten,  serta kepala OPD lingkup kota Tual mengatakan untuk mewujudkan kebijakan regulasi daerah, maka dibutuhkan upaya maksimal melalui penyiapan SDM perancang produk hukum daerah yang memilliki pengalaman.

“ baik dalam penguasaan peraturan perundang undangan maupun permasalahan-permasalahan sosial yang terjadi di dalam masyarakat sehingga  Perda mampu mengakomodir kepentingan masyarakat  dan mengacu pada perundangan yang lebih tinggi,” Ujar Tamnge.

Sehingga penyelenggaraan Rakor bisa menjadi solusi dalam mengembangkan kemampuan dan kompetensi aparatur daerah dalam menyusun rancangan Peraturan Daerah. Mengingat sinergitas yang selama ini terbangun anatara Pemkot Tual bersama Pemerintah Provinsi  telah mengahasilkan 106 peraturan daerah Kota Tual yang tidak pernah dibatalkan maupun digugat oleh masyarakat untuk dilakukan Yudisial Review.

Peserta Rakor
Untuk itu diharapkan  hasil rapat koordinasi ini akan semakin meningkatkan koordinasi, komunikasi, serta konsolidasi dalam pelaksanaan pembinaan dan pengawasan produk hukum daerah serta pemberian pe-layanan informasi Hukum kepada masyarakat agar sejalan dengan komitmen dalam memberikan informasi yang transparan tentang proses layanan evaluasi dan fasilitasi sampai dengan pemberian nomor register rancangan peraturan daerah kabupaten/kota di provinsi Maluku.( MN_86)

Editor : Ridwan Kalengkongan

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar