Marrin News

Inilah Hasil Rapat Persiapan Keberangkatan Jama’ah Haji Tual

Kabag Kesra Zaky Kabalmay


Tual, Marrinnews.com.- Dalam rangka mempersiapkan keberangkatan calon jamah Haji Tahun 2019, Pemerintah Kota Tual menggelar rapat koordinasi  yang berlangsung diruangan Wakil Walikota Tual pada Kamis 11 Juli 2019.

Hadir dalam rapat tersebut Kabag Kesra Zaky Kabalmay, Ketua DPRD Kota Tual Taufik Hamud, Polres Malra Arnolis Sopakua dan perwakilan Kementrian Agama Tual, yang dipimpin Wakil Walikota Usman Tamnge.

Kabag Kesra Zaky Kabalmay usai rapat kepada wartawan mengatakan Rapat  koordinasi bersama stakeholder dalam rangka membicarakan teknis keberangkatan 125 calon jamaah haji sekaligus meminimalisir kemungkinan kendala yang akan dihadapi.

“ rapat koordinasi merupakan agenda rutin tahunan yang bertujuan membicarakan kesiapan penyelenggara dalam rangka memberangkatkan sampai memulangkan jamaah haji dengan mengevaluasi serta mengecek secara detail,” Jelas Kabalmay.

Lanjut Kabalmay, Pemerintah ingin memastikan dan secepatnya mencari jalan keluar atas masalah, kendala yang dihadapi nanti oleh jamaah Haji, sehingga pada hari keberangkatan tidak ada lagi masalah seperti pada tahun pelaksanaan haji sebelumnya.

“ dalam rapat selain mengevaluasi kembali kendala ditahun sebelumnya juga terdapat persoalan baru yaitu penerimaan jamaah haji saat tiba di makasar nanti,” Ungkapnya.

Sesuai jadwal jamaah haji akan diterima di asrama haji pada pukul 20:00 WITA sementara keberangkatan Jamaah Haji dari Kota Tual pagi jam 09;00 WIT selain itu transportasi dari Bandara menuju Hotel biasanya menjadi tanggungan Pemerintah Provinsi dan dari hotel ke asrama Haji tanggungjawab Pemkot.

“ untuk tanggungan Pemrov belum ada kejelasan sehingga rapat  memutuskan Pemerintah Kota Tual memfasilitasi transportasi jamaah haji dari bandara menuju hotel dan hotel menuju ke asrama haji, setelah hal ini disampaikan ke pemprov maka pemrov bersedia mengganti pembiayaan setelah selesai,” Rincinya.

Rapat juga memutuskan sambungnya, guna tidak merepotkan Jamaah Haji saat keberangkatan menuju Makasar maka Pemkot menyewa pesawat Sriwijaya dengan rute Bandara Karel Sadsuitubun langsung ke Bandara Hasanudin Makasar.
“ sewa atau carter pesawat ini melalui travel, mengingat calon jamaah Haji tidak semuanya berusia muda maka pemerintah menghindari transit yang akan merepotkan jamaah haji,” Ujarnya.

Selain transportasi Pemkot juga memberikan kelengkapan bagi jamaah haji diantaranya kostum batik, hasduk, kopiah, peci dan jilbab.


“ pemerintah berharap jika pelayanan penyelenggaraan haji dimulai dari daerah asal, embarkasi sampai ketanah suci apabila maksimal maka jamaah haji diharapkan bisa menjadi haji yang mabrur,” Tutupnya. (MN_86).

Editor : Ridwan Kalengkongan

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar