Marrin News

Dinas PTSP bekerjasama dengan BLK Latih 64 Pencari Kerja

Wakil Walikota Usman Tamnge saat membuka Pelatihan Berbasis Kompetensi non Institusional di Balai Desa Ohoitel Senin 29/07/2019 
Tual, Marrinnews.com.- Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu Dan Tenaga Kerja Kota Tual bekerja sama dengan Balai Latihan Kerja (BLK) Ambon menggelar Pelatihan berbasis Kompetensi non Institusional  di Kota Tual.

Direncanakan Pelatihan Kerja bagi 64 pencari kerja tersebut akan dilaksanakan selama 1 Bulan dan dibagi dalam 4 bidang yang terdiri dari 16 asal Desa Tamedan mengikuti Pelatihan Kejuruan Meubeler, 16 asal Desa Dullah mengikuti Pelatihan Servis HP, 16 dari Desa Ohoitel mengikuti Pelatihan instalasi bangunan sederhana dan 16 dari Desa Tual mengikuti Pelatihan kejuruan audio video.

Wakil Walikota Usman Tamnge saat membuka pelaksanaan pelatihan mengatakan Pengangguran adalah masalah yang paling berat, karena adanya pengangguran, produktivitas dan pendapatan masyarakat akan berkurang sehingga dapat menyebabkan timbulnya masalah-masalah sosial.
 
Wakil Walikota Usman Tamnge saat meyerahkan secara simbolis sertifikast pendaftaran BPJS
“Ketiadaan pendapatan akibatkan penganggur harus mengurangi pengeluaran konsumsinya yang menyebabkan menurunnya tingkat kemakmuran dan kesejahteraan. Apabila berkepanjangan dapat menimbulkan efek psikologis yang buruk terhadap dirinya dan keluarganya,” Ujar Tamnge dalam sambutan sebelum membuka kegiatan yang berlangsung di Balai Desa Ohoitel pada Senin 29 Juli 2019.

Untuk diharapkanya Pelatihan yang diadakan oleh BLK dapat berguna untuk membekali keterampilan kepada peserta dalam berbagai bidang kejuruan dan memberikan motivasi untuk berusaha mandiri.

“ hal ini bertujuan terciptanya tenaga kerja yang terampil, disiplin, dan memiliki etos kerja produktif sehingga mampu mengisi kesempatan kerja yang ada dan mampu menciptakan lapangan kerja melalui usaha mandiri,” Pintanya.
 
Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Kota Tual, Drs. Asril Umagap, M.Si saat meyerahkan secara simbolis sertifikast pendaftaran BPJS
Sehingga BLK yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan lembaga pelatihan kerja yang berdedikasi mencetak tenaga kerja yang siap terjun ke dalam dunia kerja melaluinya dapat menjadi langkah efektif dalam mengatasi permasalahan pengangguran dan meningkatkan kompetensi tenaga kerja di daerah.

“ Dengan demikian, alumni BLK akan memiliki pengetahuan, pengalaman, dan keterampilan kerja untuk mengembangkan diri dalam dunia industri maupun wiraswasta karena BLK adalah pilihan, harapan, dan karir masa depan yang menjadi tiket menuju tersedianya pekerja yang profesional dan pengusaha yang tangguh,” Harapnya.
 
Kepala BPJS KCP Tual Dwi Ari Wibowo saat menyematkan baju secara simbolis kepada peserta pelatihan 
Dalam rangka menunjang dan mendukung pelatihan Pemkot juga mengikut sertakan 64 peserta pelatihan pada Program Jaminan Keceıakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) BPJS Ketenagakerjaan Kota Tual, dengan masa perlindungan selama tiga bulan.

“ Sekiranya saja ada peserta pelatihan yang mengalami kecelakaan kerja bahkan kematian, semuanya sudah dilindungi dan ini merupakan terobosan pertama di maluku,” Jelasnya.
 
Foto bersama
Sementara itu Kepala BPJS KCP Tual Dwi Ari Wibowo saat di temui wartawan usai kegiatan mengatakan sangat mengapresiasi Pemerintah Kota Tual dalam dukunganya kepada para peserta pelatihan dan ini menurutnya sebagai bentuk kepedulian dan komitmen untuk memberikan perlindungan.

 “totalnya ada 64 orang dan semua dilindungi Program Jaminan Kecelakaaan Kerja dan Jaminan Kematian dari BPJS Ketenagakerjaan. Saya sangat mengapresiasi kepada pemerintah Kota Tual untuk kepedulian masalah perlindungan ini,” Ujarnya.


Usai kegiatan dibuka secara resmi, acara dilanjutkan dengan penyematan baju kepada peserta sekaligus penyerahan sertifikat pendaftran BPJS Ketenagakerjaan secara simbolis kepada 4 perwakilan peserta oleh Wakil Walikota Usman Tamnge, Kepala Seksi Pemberdayaan BLK Ambonb Iwan Pelupessy, S.Pi, Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Kota Tual, Drs. Asril Umagap, M.Si serta Kepala BPJS KCP Tual Dwi Ari Wibowo. (MN_86)


Editor : Ridwan Kalengkongan

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar