Marrin News

Walikota Melepas Tim Safari Ramadhan Kota Tual

Walikota Tual Adam Rahayaan S,Ag. M,Si saat melepas Tim safari ramadhan Kota Tual
Tual Marrinnews.com.- Safari Ramadhan yang dalam pengertiannya dimana pada bulan Ramadhan tiba biasanya menjadi jembatan untuk lebih dekat kepada Allah SWT, serta manfaat bagi masyarakat adalah adanya kedekatan pemerintah dengan seluruh lapisan masyarakat atau kedekatan antara masyarakat dengan masyarakat, karena dalam melakukan safari ramadhan, yakni perjalanan untuk berdialog, berkomunikasi, dan bersilaturahim dengan masyarakat yang mungkin selama ini belum bisa menyampaikan aspirasi dan harapannya pada pemerintah. Safari Ramadhan merupakan bentuk perjalanan yang dilakukan pada bulan ramadhan tidak hanya bersifat material, namun juga merupakan bentuk ekspedisi spiritual. Yaitu semakin kita dekat dengan masyarakat sebagai bentuk semakin dekatnya kita kepada Allah SWT. 

Dalam rangka tujuan tersebut Walikota Tual Adam Rahayaan S,Ag. M,Si secara resmi melepas Tim Safari Ramadhan 1440 Hijriyah Kota Tual yang berlangsung di Aula Kantor Walikota pada selasa 14 Mei 2019.

Rahayaan dalam arahannya mengatakan pemerintah Kota Tual seperti lazimnya pada setiap Ramadhan membentuk Tim safari ramadhan, walaupun tahun ini pembentukannya terlambat namun diharapkan kedepan sebaiknya Tim sudah dibentuk dan bergerak diawal Ramadhan.

“  mengapa, karena kita turun untuk memberikan bekal, pemahaman apa saja yang membatalkan puasa agar puasa tetap terbingkai sehingga kualitas puasa tetap terjaga,” Ujarnya.

Untuk itu diharapakan kedepan ada perbaikan sehingga pada awal ramadhan para Da’i sudah mulai action dengan melakukan ekspansi para da’i ke ke-medan dakwah.

“ dari tahun ke tahun kita harus perbaiki, para da’i di awal ramadhan harus sudah diterjunkan ke seluruh penjuru di Kota Tual,” Ujarnya.

Hal ini mengingat masih adanya penyakit masyarakat yang tumbuh subur ditengah kehidupan masyarakat, walaupun tak dirincinya namun menurutnya telah merisaukan kehidupan sosial kemasyarakatan.

“ peran da’i, ulama diharapkan bukan hanya dibulan ramadhan namun juga setelahnya, bisa bangkit dan mengatasi perkara umat yang terus melanda dari waktu ke waktu,” Pintanya.

Dijelaskannya kegiatan safari ramadhan secara fungsional sebagai salah satu perekat persatuan antara pemerintah daerah dan masyarakat dan juga secara substansial haruslah dipandang sebagai suatu kegiatan untuk menyampaikan pesan-pesan pembangunan kepada masyarakat atau sebaliknya  masyarakat kepada pemerintah daerah.

“ hal ini sebagai upaya untuk mendekatkan pemerintah dengan masyarakat sehingga masyarakat tidak berprasangka buruk terlalu jauh terhadap pemerintah,padahal secara sadar terlalu banyak kebaikan yang sudah kita lakukan,” Paparnya.

Dirinya juga berpesan kepada Tim safari Ramadhan agar materi dakwah bisa disampaikan dengan bahasa yang mudah dipahami serta topik yang lebih aktual dan kekinian yang berkaitan langsung dengan masalah yang terjadi ditengah masyarakat.

“ jadi tidak hanya topik sekitar puasa saja namun juga memberikan pemahaman atas pemikiran yang sempit,radikal yang sudah mulai merambah saat ini di Kota Tual,” Pintanya.

Dirinya juga meminta agar safari ramadhan tidak hanya dilakukan di kecamatan yang ada di kota namun juga yang ada di pulau. (MN_86)
Editor : Ridwan Kalengkongan

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar