Marrin News

Ratusan Siswa SMA Se Kota Tual Hadiri Color Run Yang Di Gelar KPU Tual

Ketua KPU Tual Ibrahim Faqih saat memberikan sambutan


Tual, Marrinnews.com.- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tual meyelenggarakan Color Run dengan tema Satu Tujuan Melangkah Bersama yang berlangsung dijalan Gajah Mada pada minggu 6 April 2019.

Ketua KPU Tual Ibrahim Faqih dalam sambutannya  mengatakan Pemilu yang laksanakan secara serentak pada 17 April 2019 dengan memilih calon anggota DPD, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kota Tual serta Presiden dan Wakil Presiden Periode 2019-2024 merupakan sebuah pesta demokrasi, untuk itu masyarakat diminta menyambutnya dengan penuh kegembiraan, keceriaan dan penuh rasa bahagia.
Kapolres Maluku Tenggara AKBP Indra Fadhila Siregar Saat melepas peserta Color Run

“ perbedaan dalam pilihan merupakan hal yang wajar, hal yang normal, yang kami harapkan perbedaan jangan menimbulkan serta menanamkan bibit kebencian didalam hati kita,” Pintanya.

Hal ini menurutnya karena perbedaan merupakan sebuah rahmat, anugrah serta sebuah kenisbian alamiah yang tak bisa dihindari serta dirubah sehingga dengan perbedaan yang ada diharapkan bisa menjadi pelengkap dan kekuatan didalam masyarakat yang nantinya mampu melahirkan sebuah proses menuju hasil yang konstruktif  dalam memilih perwakilan rakyat di Legislatif dan Presiden.

“ tidak ada orang sama dibumi,  baik dari segi rupa, pikiran, isi hati dan pilihan namun yang harus disadari dari perbedaan  itu kita bisa saling mengisi, dari perbedaan itu kita bisa saling melengkapi ,” Jelasnya.

Dirinya meminta agar Bhineka Tunggal Ika dipahami bukan hanya  sebuah simbol yang tertulis dibawah lambang negara Indonesia yaitu Garuda Pancasila namun sebagai sebuah nilai yang harus maknai dan dijiwai didalam hati bahwa perbedaan itu ada, baik itu pilihan politik, suku bangsa, agama dan Ras namun tetap satu  sebagai masyarakat Indonesia dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.  
Peserta Color Run

“ Kita berbeda dalam pikiran, kita berbeda dalam pilihan, kita berbeda dalam agama, kita berbeda dalam suku tetapi kita satu, kita Indonesia,” Tegasnya.

Untuk itu sambungnya, KPU RI mencanangkan kegiatan Color Run dengan sebuah pesan bahwa walau berbeda namun menuju kesatu tujuan yaitu kemajuan bangsa dan negara melalui Pemilu secara langsung.

“  kegiatan secara serentak hari ini dengan tema Color Run didalam pengertian harafiah yang berarti  warna yang berlari dan pengertian secara gramatical yang mengandung makna walaupun kita berbeda tapi menuju kesatu tujuan yaitu kemajuan bangsa kita, kemajuan Indonesia, kemajuan negri tercinta,” Ungkapnya.

Atas ide dasar tersebut dirinya mewakili KPU Kota Tual berharap dalam pemilihan nanti masyarakat agar berjiwa besar dengan menghargai pilihan politik yang berbeda didalam masyarakat guna menghindari konflik.

” singkirkan rasa benci, rasa dengki, rasa iri, karena kita sama sebagai warga Kota Tual, sama memiliki hak dinegara ini dalam memilih siapa yang menjadi perwakilan di DPRD dan siapa yang menjadi Presiden, itu kita yang tentukan, jangan mau dihasut dan jangan mau diadu domba,” Tegasnya.

Kegiatan Color Run melibatkan ratusan warga yang terdiri dari Pemilih Pemula yang berasal dari siswa SMA se Kota Tual, Perwakilan TKBM serta masyarakat.

Kegiatan Color Run diawali dengan jalan santai oleh peserta, senam KPU dan diakhiri dengan pembagian door price serta dihibur oleh band dan Disc Jokey lokal.  


Hadir dalam kegiatan tersebut Kapolres Maluku Tenggara AKBP Indra Fadilah Siregar, Walikota Tual yang diwakili Kepala Kesbangpol, Bawaslu serta tamu undangan Lainya.  (MN_86)

Editor : Ridwan Kalengkongan

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar