Marrin News

Jelang UNBK, Siswa SMP Al-Ikhlas Tual Gelar Simulasi

Pelaksanaan Gladi Resik dalam rangka persiapan UNBK di SMP Terpadu Alikhlas Tual pada senin (18/03/2019).
Tual, Marrinnews.com.- Jelang Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang dijadwalkan akan dilaksanakan pada Senin tanggal 23 – 27 April 2019, guna mempersiapkan siswanya SMP Terpadu Al-Ikhlas Tual Desa Tamedan Kecamatan Dullah Utara Kota Tual menggelar simulasi dengan Gladi Resik yang dilaksanakan selama 2 (dua) Hari di Laboratorium Al-Ikhlas Pada Senin 18 Maret 2019.

Proktor UNBK SMP Terpadu Al-Ikhlas Tamedan Ridwan Derwotubun kepada wartawan mengatakan jelang UNBK tahun pelajaran 2018- 2019 dalam rangka mempersiapkan siswa peserta ujian maka seuai arahan perlu dilakukanya gladi resik.

“ gladi resik pada sesi pertama dilaksanakan dari jam 07.30 sampai jam 09.30 dan sesi kedua dilaksanakan pada jam 10.00 sampai jam 12.00 WIT dengan menguji mata pelajaran matematika dan Bahasa Inggris,” Ujarnya.

Proktor UNBK SMP Terpadu Al-Ikhlas Tamedan Ridwan Derwotubun

Siswa yang mengikuti gladi resik UNBK berjumlah 69 pada hari pertama mata pelajaran yang diujikan adalah bahasa inggris dan pada hari kedua mata mata pelajaran matematika berjalan dengan lancar dan aman serta terkendali.

UNBK SMP Dan SMU Dipulau Terkendala Komputer Dan Jaringan Internet
Ditempat terpisah Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kota Tual Zein Renhoat S,Pd  kepada wartawan mengatakan pelaksanaan UNBK di Kota Tual untuk kecamatan Dullah Selatan dan Dullah Utara telah siap namun bagi siswa SMP / MTS yang berada dipulau masih dilakukan secara manual atau berbasis kertas dan pensil dalam pelaksanaanya hal ini mengingat infrastruktur penunjang diantaranya Komputer dan Jaringan Internet yang belum tersedia.

“ kita bisa mendatangkan para siswa untuk mengikuti ujian ditual namun dari sisi lain diantaranya tempat tinggal orang tua dan siswa juga kelihatanya agak ribet dan mungkin akan menimbulkan masalah lain,” Ujarnya.
Kadis Pendidikan Dan Kebudayaan Kota Tual Zein Renhoat S,Pd

 Selain SMP/MTs juga siswa SMU namun agak berbeda dalam pelaksanaanya hal ini dikarenakan siswa SMU diketahui akan melaksanakan ujianya di Kota Tual.

“ sesuai kewenangan siswa SMU MA dan SMK merupakan tanggungjawab Dinas Provinsi namun berdasarkan informasi, para siswa SMA 1 tayando telah tiba ditual 3 bulan sebelum pelaksanaan UNBK guna persiapan dan persiapanya,” Jelasnya.

Guna persoalan tersebut  Renhoat berjanji sarana komputer pada tahun 2019 akan diadakan untuk sekolah yang ada di 3 kecamatan yang ada dipulau sehingga pada Tahun 2020 siswa yang di Kota Tual seluruhnya dapat melaksanakan  UNBK.


“ untuk jaringan Internet saya akan berkoordinasi dengan Dinas Infokom serta instansi lainya yang terkait sehingga ditahun 2020 baik siswa SMP maupun SMA di Pulau - pulau dapat mengikuti UNBK pada kecamatanya masing masing,” Janjinya. 

Guna hasil UNBK dapat maksimal dirinya menghimbau kepada orang tua agar bisa memantau belajar anak  terutama pada jam belajar hal ini guna  mempersiapkan anak pada saat ujian nanti.(MN_86)

Editor : Ridwan Kalengkongan

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar