Marrin News

Walikota Serahkan 71 Rumah Bagi Nelayan di Desa Ohoitel

Walikota Tual Adam Rahayaan S,Ag. M,Si saat menyerahkan secara simbolis kunci rumah kepada Perwakilan nelayan Desa Ohoitel pada Sabtu (23/02/2019)


Tual, Marrinnews.com.- Walikota Tual Adam Rahayaan S,Ag. M,Si secara resmi menyerahkan 71 (Tujuh Puluh Satu) Rumah Khusus bagi Nelayan didesa Ohoitel yang berlangsung di Balai Desa Ohoitel pada sabtu 23 Februari 2019.

Dalam arahanya kepada masyarakat nelayan penerima bantuan Rahayaan mengatakan, secara fisik perumahan sudah selesai sejak 2018 lalu dan bahkan sudah dihuni namun baru hari ini dapat diresmikan secara formal.

 “ Perumahan ini belum bisa mendapatkan bantuan tambahan walaupun proposal dari pemkot telah disampaikan namun belum bisa dijawab karena rumah yang telah dibangun ini belum di acarakan dalam bentuk penyerahan resmi,” Ujarnya.

Sambungnya selain rumah khusus bagi nelayan tahun 2019 juga di Desa Ohoitel akan dibangun rumah susun sebanyak 90 unit melalui Dinas Perumahan Dan Pemukiman karena berdasarkan data dilapangan dari total 3000(tiga ribu) rumah kumuh ternyata hampir 40% beradadi atas lahan orang lain atau hanya pinjam pakai saja.

“pengalaman bahwa ketika rumah atau lahan milik orang itu kita intervensi takutnya setelah rumah jadi pemilik tanah akan komplein dan mengambil alih kembali,” Terangnya.

Agar kedepan tidak bermasalah dirinya mencari alternatif lain yaitu dengan membangun rumah susun, dengan lokasi yang dekat dengan objek pencaharian masyarakat itu sendiri.

Tampak Perumahan Khusus bagi nelayan yang berlokasi di Desa Ohoitel Kecamatan Dullah Utara Kota Tual.
“ misalnya diperuntukan bagi petani maka lokasi rumah susun akan dibangun dekat dengan lahan yang akan digunakan untuk kelangsungan kehidupan masyarakat itu sendiri,” Rincinya.

Rahayaan berpesan setelah diserahkan agar tolong dijaga dengan baik dan rumah tidak boleh dirubah mengingat masih berstatus hak pakai dan belum jadi hak milik.

“ jadi jangan posisi atau keadaan rumah sekarang kita mau rubah kasih lantai 3 lantai 2 tidak boleh itu nanti dianggap penyerobotan,” Pintanya.


Setelah ada berita acara penyerahan menjadi aset Pemerintah Kota Tual baru selanjutnya kita serahkan kepada bapak ibu sebagai sebagai hak milik. 

Pantauan wartawan Dalam pertemuan Rahayaan membuka sesi tanya jawab, masyarakat penerima manfaat pada kesempatan tersebut meminta setelah pemerintah Kota Tual membangun akses jalan Hotmix diareal perumahan, warga meminta agar dibantu ketersediaan air bersih, Kadis Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang John Ngamel pada kesemptan tersebut berjanji ditahun 2019 akan direalisasikan permintaan warga tersebut.

Hadir dalam kegiatan tersebut Pimpinan OPD lingkup Kota Tual, Pejabat Kepala Deasa Ohoitel bersama Perangkat, serta tamu undangan lainya.(MN_86).

Editor : Ridwan Kalengkongan

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar