Marrin News

Pemkot Berlakukan Penyampaian Perjalanan Dinas pada saat Apel

Walikota Tual Adam Rahayaan S,Ag. M,Si Dan Wakil Walikota Usman Tamnge
Tual, Marrinnews.com.- Walikota Tual Adam Rahayaan dan Wakil Walikota Tual Usman Tamnge pasca dilantik berkomitmen untuk penegakan disiplin serta Transparansi bagi ASN dalam lingkup Kota Tual, hal ini guna memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, aparatur pemerintah dari segala tingkatan harus meningkatkan disiplin terutama disiplin kerja. Salah satu indikator kedisiplinan bisa terlihat ketika mengawali kegiatan dengan apel pagi yang didalamnya laporan kehadiran kepada atasan dan memulai kerja dalam waktu bersamaan.

Menurut Walikota Tual Adam Rahayaan Penegakan disiplin adalah kerinduaan dirinya saat masih menjabat sebagai Wakil Walikota. Kemudian Walikota selama 2 tahun dirinya mencari bagaimana agar penegakan disiplin bisa berjalan.

“Alhamdulilah setelah terpilih saya bersama pak wakil sudah punya komitmen, setelah kami jadi terpilih kita sudah jalan dan kini sudah mengalami sedikit kemajuan,” Ujar Walikota Tual Adam Rahayaan pasca rapat bersama Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) belum lama ini.

Sementara menurut Wakil Walikota Usman Tamnge penegakan disiplin melalui apel pagi ini kini mengalami peningkatan jumlah kehadiran ASN lingkup Kota Tual.

“ pada awal pemberlakuan apel pagi tingkat kehadiran ASN hanya mencapai 50 persen namun kini sudah mencapai 90 persen,” Puji Tamnge kepada wartawan belum lama ini.

Walaupun Kegiatan apel pagi tersebut acap kali terdengar dari diskusi ASN hanyalah sebuah kebijakan yang hanya akan dilakukan paling lama setahun jalanya pemerintahan namun sesuai komitmen Walikota dan Wakil Walikota apel pagi ini akan terus dipraktekan selama kepemimpinanya.

Penyampaian perjalanan Dinas Saat Apel

Apel dilingkup Pemkot Tual


Selain memastikan kehadiran ASN dalam pelayanan melalui Apel, pantauan wartawan pada senin 11 Februari 2019 apel pagi yang dipimpin Wakil Walikota Tual Usman Tamnge pada saat apel meminta agar kepala OPD yang telah melakukan perjalanan dinas untuk menyampaikan perjalanan dinasnya kepada peserta apel, 4 kepala OPD diantaranya Sekwan Kota Tual Abdul Hamid Latar, Kepala Perpustakaan A Rumaf, Kabag Hukum Ny. Rini Atbar dan Kepala Dinas Pemuda Dan Olah Raga Rudi Bugis masing masing menyampaikan hasil perjalanannya.

“ salah,itu bukan pelaporan tapi penyampaian hasil perjalanan dinas ke seluruh pejabat maupun staf dilingkup Pemkot Tual,” Ujar Tamnge belum lama ini diruang kerjanya saat menjawab wartawan terkait kebijakan pelaporan bagi SKPD saat Apel Pagi.

Hal itu dilakukan sambung Tamnge agar ketika ada pertanyaan dari masyarakat terkait hasil perjalanan dinas, kepala OPD ketika tidak sempat menjelaskan, stafnya atau ASN yang ada dilingkup Pemkot Tual sudah bisa langsung menyampaikannya.

“ karena ini uang rakyat, saya pun sebaliknya apabilah nantinya melakukan perjalan dinas keluar daerah atau didaerah berkewajiban menyampaikan hal tersebut kepada masyarakat,” Terangnya.

Hal ini telah dilakukanya saat apel sejak pertengahan desember 2018 sampai dengan tahun anggaran 2019, untuk memaksimalkan ini dirinya akan meminta media cetak maupun elektronik sebagai corong untuk membantu menyebarluaskan penyampaian perjalanan dinas saat apel pagi.

“ Masyarakat harus tau bahwa inilah kerja dari pemerintah Kota Tual, selama saya tidak lupa tapi ketika saya mengingat saya akan meminta penyampaian tersebut dari setiap perjalanan yang dilakukan,” Tegasnya.

Ditegaskanya praktek ini akan dilakukakanya selama kepemimpinan Walikota Tual Adam Rahayaan bersama dirinya.


“ selama ini kan tidak pernah, perjalanan dinas ada tapi tidak tau apa yang dilakukan, saya mecatat setiap perjalanan dinas oleh setiap Pejabat dan saya akan tanyakan itu,” Tutupnya. (MN_86)

Editor : Ridwan Kalengkongan

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar