Marrin News

Capai Universal Health Coverage, Pemkot Terima Penghargaan Dalam Program JKN-KIS

Wakil Walikota Tual Usman Tamnge didampingi PLT setda Muti Matdoan saat Menerima Penghargaan Di Pendopo yarler Tual pada senin 11/02/2019. 
Tual, Marrinnews.com.- Pemerintah Kota Tual menerima Piagam Penghargaan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS ) Kesehatan atas peran serta dalam program Jaminan Kesehatan Nasional- Kartu Indonesia Sehat (JKN- KIS ) 2019 yang diterima langsung Wakil Walikota Tual Usman Tamnge di Aula Pendopo Yarler Tual, Senin 11Februari 2019.
Penghargaan tersebut atas komitmen Pemkot Tual sejak pertengahan 2017 lalu dan hingga 2019  dalam memberikan memberikan jaminan kesehatan bagi penduduk Kota Tual  sehingga telah mencapai Universal Healt Coverage (UHC) sebagaimana amanah Undang-undang nomor 24 tahun 2011 tentang BPJS.
Wakil Walikota Tual Usman Tamnge dalam sambutanya menyatakan sesuai data dari BPJS Kesehatan bahwa penduduk Kota Tual dalam Program JKN- KIS Tahun 2019 sebanyak 85.231 jiwa penduduk atau sekitar 97 persen yang sudah tercover JKN-KIS.
“Sesuai data masih terdapat 3 persen penduduk Kota Tual yang belum terkaver dalam JKN-KIS dan diharapkan di penghujung Tahun 2019 akan mencapai 100 persen,” katanya.
Selain dari Program unggulan berupa Jaminan Kesehatan sambungnya, Pemerintah Kota Tual merencanakan pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah untuk membantu pelayanan di Bidang Kesehatan dalam rangka mencapai Indonesia Sehat , dan Kota Tual merupakan bagian dari Integral Program tersebut,
“Peningkatan Anggaran Kesehatan sebesar 13.5 persen dari APBD Kota Tual untuk membantu seluruh Pelayanan di Bidang Kesehatan dalam rangka mencapai Indonesia Sehat dimana Kota Tual bagian dari Program tersebut,” Tegasnya..
Tamnge berharap, peran dan dukungan masyarakat sangat penting dalam mendukung program Pemerintah Daerah Kota Tual dengan menciptakan kondisi Daerah yang stabil,

“Semua ini dapat tercapai apabila masyarakat berpartisipasi penuh atau terlibat dalam pembangunan Kota Tual yang didukung dengan kondisi yang stabil,” tutupnya. (MN_86)

Editor : Ridwan Kalengkongan

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar