Marrin News

Penumpang terlantar dan Lemas Yang Sempat dilarikan oleh KP3 Ke RS Akhirnya Meninggal Dunia

Wakil Walikota Usman Tamnge dan Kadis Dinsos Mansur Latar saat Kunjungi Almarhum




Tual,  Marrinnews. Com. – Pria paruh baya tanpa identitas yang ditemukan terlantar dan lemas dan sempat dibawa oleh anggota Kesatuan Pelaksana Pengamanan Pelabuhan (KP3) akhirnya meninggal dunia pada Rabu, 23 Januari 2019.

Anggota KP3 saat membawa almarhum ke Rumah Sakit
Karel Sadsuitubun Langgur. 


Komandan KP3 AIPTU Toni Permelai saat ditemui mengatakan, almarhum diketahui adalah penumpang yang tiba di Tual menggunakan KM Sabuk. 

“Almarhum saat tiba sekitar seminggu lalu dengan menggunakan KM Sabuk, sempat terlihat berkeliaran di sekitar pasar dan pelabuhan,“ Ujar Komandan KP3 Aiptu Thoni Permelai di ruang kerjanya, Rabu, 23/01/2019.

Melihat kondisi Almarhum yang terlihat lemas dan tidur di depan kantor karantina, Permelai kemudian berinisiatif memberi makan kepada almarhum, namun ditolak almarhum. 

“ Almarhum terlihat lemas dan sebelum tidur di depan karantina sempat BAB disamping kantor dan saya menelpon mobil guna menyiramnya” ujarnya. 

Melihat kondisi almarhum yang lemas KP3 kemudian berkoordinasi dengan karantina pelabuhan guna pemakaian ambulance mengantar almarhum ke Rumah Sakit Karel Sadsuitubun Langgur untuk mendapat perawatan intensif. 

“ Almarhum menolak dan memaki kami saat diberikan makanan, melihat kondisi almarhum yang terlihat lemas saya langsung berkoordinasi dengan karantina guna meminjam mobil ambulance untuk mengantar almarhum ke Rumah Sakit, “ terangnya. 

Sebelumnya almarhum juga sempat mencoba berangkat menggunakan KM Tatamailau tujuan Irian namun almarhum ditolak dan diperintahkan turun oleh petugas PT. Pelni Tual dan ABK kapal. 

“Saat diantar menuju RS, saya mencoba menghubungi pihak dinas sosial dan direktur Rumah Sakit Karel Langgur guna memastikan pelayanan terhadap almarhum namun tidak mendapat nomor kontak, “ Terangnya. 

Wakil Walikota Tual dan Kadis Sosial Kunjungi Almarhum. 

Mendengar informasi penumpang yang terlantar di kota Tual yang dilarikan ke RS Karel Sadsuitubun Langgur ternyata telah meninggal dunia, Wakil Walikota Tual Usman Tamnge ditemani Kadis Sosial Mansur Latar dan Kabag Humas Moksen Ohoiyuf pada Rabu pagi 23/01/2019 langsung bergegas menuju Rumah Sakit. 

Saat tiba diketahui almarhum yang telah meninggal dunia dan tanpa identitas berada selama ini di Kota Tual dan tak memiliki kerabat maupun keluarga, Pemkot  menanggung biaya pemakaman dan perawatan di Rumah Sakit Karel Sadsuitubun Langgur. 

“ Anggaran pada dinas sosial juga diperuntukkan bagi penumpang yang terlantar dan tak memiliki biaya tiket untuk kembali ke kampung halamannya,  untuk itu apabila ke depan ada kasus yang sama segera laporkan ke pemkot, “ ujarnya. 

Direncanakan Almarhum akan dikebumikan pada Kamis di kuburan Perumnas Kabupaten Maluku Tenggara.  (MN_86). 



Editor : Ridwan Kalengkongan

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar