Marrin News

Pemkot Akan Didatangi 8 Investor, Rahayaan : Semoga Ini Awal Yang Baik.

Walikota Tual Adam Rahayaan. S,Ag. M,Si
Tual, Marrinnews.com.- Pemerintahan Kota Tual periodesasi 2018 – 2023  dibawah kepemimpinan Walikota Tual Adam Rahayaan Dan Wakil Walikota Usman Tamnge diawal tahun kepemimpinanya menunjukan keberpihakanya dengan menindaklanjuti program program yang dijanjikan selama kampanye.

Selain memastikan Tata laksana pemerintahan yang baik (Good Governance) kini juga memastikan iklim usaha yang kondusif serta mendorong adanya investasi dibumi Maren.

Walikota Tual Adam Rahayaan saat ditemui usai menggelar rapat terbatas kepada wartawan mengatakan untuk pemberdayaan dalam hal mengatasi kemiskinan saat ini ada lima (5) dinas yang menjadi 5 dinas Prioritas untuk mengarahkan pemberdayaan bagi masyarakat.

“ sekitar 20 Miliar untuk mengarahkan pemberdayaan saat ini dan pada tangga 24 kita akan tanda tangan MOU dengan kontrak kerja dengan perusahaan Jepang tentang bagaimana perusahaan Maren yang ada di ngadi ini akan hidup kembali,” Ujar Rahayaan di aula kantor walikota belum lama ini.

Dijelaskanya saat ini Pemkot tinggal mencari cari dana sekitar Rp.1.000.000.0000 (satu Milyard Rupiah) lebih untuk modal membeli bahan baku dari kelompok budidaya nelayan rumput laut untuk memulai aktifitas dari Perusahaan Maren yang ada dingadi untuk berproduksi.

“ karena kalo perusahaan dalam produksinya 1 bulan menghasilkan 13 ton 13 Ton bisa kita bayangkan berapa bahan baku yang datang dari masyarakat khususnya petani rumput laut,” Ujarnya.

sehingga nanti lewat Dinas Perikanan akan ada tambahan pengadaan bibit rumput laut dan tali hal ini agar seluruh laut yang memiliki potensi budidaya rumput laut dilingkari dan dikembangkan potensi yang ada.

Menurutnya karena ketika perusahaan maren sudah memulai aktivitas itu luar biasa, selain didaratan kondisi pembelanjaan hasil yang sama juga dirasakan petani rumput laut yang ada dipulau – pulau, mengingat perusahan maren belinya adalah bahan mentah dan tidak membeli yang kering.

“ yang kita pikirkan saat ini bagaimana mobilisasi bahan mentah rumput laut yang dari panen nelayan dipulau pulau langsung naik motor, ini sudah harus pemda pikirkan,” Tegasnya.

" Direncanakan tanggal 12( Hari ini-red) ada 8 orang investor lagi datang dari perjalanan, saya kemarin baru pulang untuk pertemuan tersebut dan saat ini kita terima mereka karena sebenarnya upaya untuk mendatangkan investor ini kan sudah sudah sekian banyak,” Pintanya.

Dikatakanya dulu kita dengar di Maluku Tenggara ada 82 orang investor  yang datang dan dirinya saat itu juga telah mempresentasi tentang masalah yang ada di Kota Tual Tapi sampai hari ini dari 82 investor itu belum ada yang berminat.


“ dulu saya paparkan wisatanya, siapa yang bergerak di travelnya, perhotelannya, itu juga mudah mudahan dari 8  yang datang ini, ada yang berminat mungkin bikin hotel yang representatif atau yang lainya disini semoga ini awal yang baik,” Harapnya. (MN_86)


Editor : Ridwan Kalengkongan

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar