Marrin News

Sering Terjadi Pemadaman Lampu, Warga Beralih ke Solar Sel

Deshopny Rahaningmas


Elat, Marrinnews.com.- Ketua Forum Keserasian Sosial Desa Ohoiwait Kei Besar Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) Deshopny Rahaningmas memastikan 10 Buah Lampu solar sel yang diusul bisa membantu penerangan bagi warga.

Lampu solar sel tersebut merupakan bantuan dari Kementrian Sosial melalui Dinas Sosial Malra dengan total anggaran sebesar Rp 150.000.000 (Seratus Lima Puluh Juta Rupiah).

" Rp 150.000.000 dengan rincian, pembelanjaan lampu Rp 100.0000.000 untuk 10 buah lampu sementara Rp.50.000.000 untuk operasional," rinci Rahaningmas Kepada Wartawan belum lama ini.

Sebelum pemberian bantuan, dirinya selaku ketua Forum dibekali terkait pengoperasian dan pemeliharaan lampu solar sel melalui bimbingan teknis (bimtek) yang diselenggarakan Kementrian Sosial dijakarta selama 4 hari.

Menurutnya dari 10 buah lampu bantuan tersebut dipastikan belum mampu menerangi keseluruhan rumah warga namun setidaknya bisa membantu warga, hal ini mengingat penerangan oleh PT. PLN Elat yang tak konsisten dalam melayani kebutuhan warga Kei Besar Khususnya Desa Ohoiwait.

" dalam musyawarah awalnya warga meminta bantuan lampu jalan tetapi mengingat  lampu PLN yang kadang nyala 1 hari, mati 2 hari akhirnya warga kembali mengusulkan lampu solar sel," Ujarnya.

Untuk penerangan bagi seluruh rumah di desa ohoiwait dibutuhkan sekitar 30 buah lampu solar sel sehingga diharapkan kepada dinas terkait agar bantuan lampu solar sel dapat berlanjut pada tahun berikutnya sehingga penerangan dapat merata pada seluruh warga desa.


" bantuan solar sel mendapat respon positif dari pejabat kepala desa dan seluruh warga sehingga diharapkan bantuan tersebut dapat berkelanjutan sehingga kebutuhan masyarakat bisa terpenuhi dan kalo bisa bukan hanya di desa Ohoiwait tapi juga desa Wetuar dan Mataholat," Tutupnya. (MN_86)

Editor : Ridwan Kalengkongan

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar