Marrin News

Kapolres : Simulasi Sebagai Peringatan Kepada Pihak Yang Hendak Mengacaukan

Kapolres Malra AKBP Indra Fadhila Siregar. SIK,SH,MH
Tual, Marrinnews.com.- Kapolres Malra AKBP Indra Fadhilah Siregar SIK, SH, MH Usai Kegiatan Simulasi Pengamanan Oleh Polres Malra Bersam TNI kepada wartawan mengatakan simulasi yang digelar oleh pihaknya bersama TNI AD, AL, dan AU menunjukkan kesiapan dan kemampuan aparat keamanan dalam menjaga kelancaran penetapan hasil Pilkada oleh KPU Malra.

"Kita Mengantisipasi Pengamanan kita manakala terjadi hal-hal yang tidak diinginkan saat pleno penetapan Bupati dan Wakil Bupati Malra terpilih nantinya, tapi kalau terjadi maka kita sudah siap seperti yang disimulasikan " Jelasnya Jumat (27/07/2018).

Kapolres bersyukur sejauh ini tahapan Pilkada di wilayah hukum Polres Malra, baik Kota Tual maupun Kabupaten Malra berjalan lancar dan aman, tidak ada gangguan yang berarti.

"Kita sudah berhasil menunjukan kepada masyarakat Tual dan Malra bahwa pelaksanaan pengamanan Pilkada Kota Tual dan Kabupaten Malra, Polri dan TNI cukup berhasil, dan saat ini tinggal pilkada Malra yakni pleno penetapan oleh KPU menunggu putusan Mahkamah Konstitusi (MK),"Pungkasnya.

Ia menegaskan, pelaksanaan simulasi tersebut selain untuk menunjukkan kesiapan penuh aparat kepolisian dan TNI dalam mengamankan rapat pleno penetapan hasil Pilkada Malra. juga merupakan peringatan kepada pihak-pihak yang mungkin saja hendak mengacaukan dan berbuat anarkis.

Menurut Kapolres Indra, simulasi pengamanan rapat pleno penetapan hasil Pilkada merupakan instruksi yang diberikan kepada seluruh Polres yang daerahnya menyelenggarakan Pilkada 2018, khususnya daerah yang belum ada penetapan hasil dan kepala daerah terpilih karena proses gugatan di MK.

Untuk seluruh Indonesia ada 72 daerah, dan pilkada Malra termasuk di dalamnya. Keputusan MK dijadwalkan tanggal 9-15 Agustus 2018.
Jika gugatan diterima, maka disidangkan selama 45 hari kedepan dan hasilnya diketahui tanggal 17 September 2018.

"Sebaliknya, jika gugatan ditolak, maka KPU dalam beberapa hari setelah 15 Agustus sudah harus melaksanakan pleno penetapan pemenang Pilkada Malra," Tutupnya. (MN_86)

Editor : Ridwan Kalengkongan

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar