Marrin News

KPUD Tual Terima LPPDK dari 3 Paslon


Tim Penerimaan Laporan KPUD Tual Bersama Panwas Kota Tual Saat Menerima Laporan oleh Paslon.
Tual, Marinnews.com.-  Pada malam ini pukul 18:00 Wit kami KPUD Kota Tual menyatakan menutup Laporan Pemasukan dan Pengeluaran Dana Kampanye (LPPDK) Walikota Dan Wakil Walikota Tahun 2018 hal tersebut dikatakan Komisioner KPUD Tual Sofyan S Rahayaan usai menerima Laporan akhir penyerahan dana kampanye oleh Tim Pasangan Calon ( Paslon) di Kantor KPUD Tual pada Minggu ( 24/06/2018).

Lanjut Rahayaan perlu disampaikan bahwa 3 (Tiga) Paslon telah menyerahkan laporanya sebagai peserta, Penerimaan LPPDK yang pertama diserahkan oleh pasangan No Urtut 1 “SERASI” yang kedua oleh pasangan No Urut 2 “AMAN” dan yang ketiga oleh pasangan No Urut 3 “ADIL” yang juga disaksikan oleh Panwas.

Setelah penyerahan selanjutnya KPUD akan menyerahkan kepada Kantor Akuntan Publik (KAP) besok 25 juni 2018 pada pukul 16.00 Wit yang dihadiri oleh Panwas Kota Tual ketua tim dari 3 Pasangan calon dan akan dimonitor langsung oleh KPU RI yang agendanya besok pagi akan tiba dan hadir di KPUD Tual.

Sofyan Rahayaan.
Selanjutnya LPPDK tersebut akan diaudit oleh auditor selama 15 hari dan akan diserahkan kembali hasilnya ke KPUD kota Tual.

" dan satu hari setelah hasil diterima akan kami umumkan hasilnya, dan 3 hari setelah hasil diterima akan diserahkan ke masing-masing Pasangan calon" jelasnya.

Ada Konsekuensi Logis

Hasil apapun yang akan direkomendasikan setelah audit adalah kewenangan lembaga konsultan publik yang telah dipercayakan sebagai auditor.

" KPUD sama sekali tidak memiliki kompetensi untuk mengatur hasil tersebut," tegasnya.

Apabila dalam proses audit ada paslon yang tidak memasukkan laporan dana kampanyenya Rahayaan menjelaskan ada konsekuensi logis yaitu akan didiskualifikasi terhadap Paslon apabila hasil auditor menemukan laporan tidak wajar.

“ tapi saya yakin dan percaya selama ini KPUD Kota Tual telah melakukan penguatan penguatan dan pendampingan baik itu dalam sosialisasi, Bimtek termasuk juga menghadirkan ke tiga KAP untuk menjadi narasumber.

Untuk itu Rahayaan sangat optimis laporan dari masing masing Paslon sudah sesuai karena berkaca dari pengalaman pada pelaporan awal dana kampanye laporan penerimaan sumbangan Dana kampanye tidak ada  masalah baik itu administrasi dan laporan penerimaan berjalan baik dan lancar.


" tapi kami tidak berani berkesimpulan seperti itu selanjutnya nanti kita akan melihat hasil kerja dari auditor," Tutupnya.(MN-86)

Editor : Ridwan Kalengkongan


Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar