Marrin News

Bimtek SITUNG tawarkan Teknis Perhitungan Dan Pelaporan Baru

KPU
Tual, Marrinnews.com.- Rapat Koordinasi (Rakor) dan Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) Pemilih Kepala Daerah (Pilkada) 2018 yang dilaksanakan oleh KPU Provinsi Maluku pekan kemarin yang dihadiri Komisioner KPU Tual, Sekretariat dan operator Situng diakui Ketua KPUD Ibrahim Faqih merupakan sebuah hal baru dalam pelaksanaan pemilukada nantinya.

KPU Kota Tual merasa sangat beruntung mengikuti kegiatan dimaksud, karena ada beberapa hal yang ternyata merupakan hal baru dalam pelaksanaan kegiatan Pemilukada dimana ada perbedaan dengan kegiatan Pilkada sebelumnya khususnya dalam penghitungan sura,” Ujar Ketua KPU Kota Tual, Ibrahim Faqih di Tual, Kamis (24/5/2018).

Dicontohkanya kalau di dalam regulasi yang lama setelah pelaksanaan rapat pemungutan suara di tingkat Panitia Pemungutan Suara (PPS), kemudian oleh PPS selanjutnya kotak suara dan hasil rekapannya langsung diserahkan ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), tanpa ada rekapan lagi di tingkat PPS. Regulasi tersebut masih berlaku sama dengan regulasi sekarang.

Menariknya karena tidak ada rekapan di tingkat PPS, maka di PPK itu bisa dilaksanakan rekapan paralel. Paralel yang dimaksud adalah biasanya kita di PPK itu dari pemilu-pemilu sebelumnya, rekapan itu hanya dilakukan dalam satu rapat pleno saja. Kemudian rapat pleno tersebut dilakukan perekapan terhadap seluruh suara dari setiap TPS yang ada di desa-desa tertentu langsung dilaksanakan saat itu juga di tingkat PPK” ujarnya.

Dijelaskannya untuk regulasi kali ini, di PPK itu bisa dilakukan rapat pleno dalam beberapa kelompok, misalnya dapat dibentuk dua atau tiga kelompok (paling banyak empat kelompok) bila jumlah TPS-nya terlalu banyak dan waktu yang dibutuhkan untuk melaksanakan rapat pleno tingkat PPK itu dirasakan kurang, maka dapat dilakukan rapat pleno secara paralel serentak. Regulasi ini yang akan digunakan dalam Pilkada 2018.

“Gambaran singkatnya begini, misalnya kita tahu bahwa komisioner di PPK itu ada 5 orang, kemudian mau dilaksanakan rapat pleno di empat kelompok secara bersamaan itu bisa,” tuturnya.

Selain Bimtek tersebut dilaksanakan dalam rangka memberikan pelayanan informasi hasil pemilihan. Diharapkan melalui aplikasi Situng ini masyarakat bisa memperoleh informasi terkait pemilihan dengan cepat, tepat, dan akurat. Karena dalam Bimtek tersebut juga langsung melatih operator Situng dalam melaksanakan atau mengoperasikan scanner dan proses pelaporan perhitungan yang  harus diupload ke Situng yang langsung ditangani oleh KPU Republik Indonesia. (Team).

Editor : Ridwan Kalengkongan

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar