Marrin News

KPU Temukan 4997 DPSHP Error dan Ganda

Wawan Kurniawan
Tual, Marrinnews.com.- Pada proses rekapitulasi data error dan data ganda, Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) pada Sistim Data Pemilih (Sidalih), KPU Tual menemukan sebanyak 4997 data pemilih yang di nyatakan error maupun ganda, dengan rincian error sebanyak 626 dan ganda sebanyak 4.371. Hal tersebut dikatakan Komisioner Devisi Data KPU Tual Wawan Kurniawan kepada wartawan di kantor KPU, Kamis (12/4).

Dikatakanya temuan data error dan ganda tersebut berdasarkan rekapitulasi DPSHP yang saat ini sementara di plenokan di tingkat PPK.

"Hasil rekitulasi DPSHP di 5 kecamatan yang ada di kota Tual terdapat 626 data pemilih yang error serta 4.361 data pemilih ganda, dengan rincian Kur selatan 60 data error, 28 data ganda, Dullah Selatan 326 error, 3260 ganda, Dullah Utara error 119, 998 ganda, Pulau-pulau Kur 10 error tanpa ada data ganda , dan di kecamatan Tayando Tam terdapat 111 data error serta 85 data ganda," rinci Kurniawan.

Menurut Kurniawan, terdapat beberapa kriteria, yang menyebabkan unduhan data pemilih teridentifikasi error, Ada beberapa kesalahan misalnya jumlah NIK yang tidak ada, jumlah NKK, yang kurang dari enam belas angka dan tanggal lahir tidak ada, kesalahan inilah yang setelah dilakukankanya pengunduhan hasilnya terindentifikasi sebagai data error. Hasil temuan data error kemudian dipersiapkan untuk diserahkan ke Disdukcapil setempat guna diperbaiki.

"Saat ini saya sementara menyiapkan rekapan datanya untuk diserahkan ke dinas Disdukcapil untuk di perbaiki,"tandasnya.

Jika dibandingkan dengan hasil rekapitulasi sebelumnya, pada 9 April lalu, lanjut Kurniawan, terdapat penunuran data error, dimana sebelumnya KPU merilis data error sebanyak 846 dan data ganda sebanyak 5534.

Dirinya memastikan, persoalan error data akan di selesaikan sebelum tanggal 19 nanti.


 "Ini perkembangan yang layak diapresiasi, dan tentunya beberapa waktu kedepan sampai dengan tanggal 19, kami tetap berupaya dan memastikan untuk semua data ganda dan eror akan terselesaikan,"tegasnya. (Team).


Editor : Ridwan Kalengkongan

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar