Marrin News

Besok, Debat Kandidat Calon Walikota Tual Digelar

Ketua KPUD Tual Ibrahim Faqih
Tual, Marrinnews.com.- Sesuai hasil Rapat KPUD Tual bersama tim penghubung pasangan calon  telah menyepakati debat kandidat akan dilaksanakan sebanyak 3 (Tiga) Kali diantaranya pada bulan April, Mei Dan Juni hal tersebut dikatakan Ketua KPUD Tual Ibrahim Faqih Kepada wartawan diruangan kerjanya Senin (23/04/2018).

Untuk dibulan april akan dilaksanakan pada tanggal 24 April 2018 dengan melibatkan panelis berlatarbelang Akademisi Dan Profesional yang berasal dari Universitas Patimura Dan Institute Agama Islam Negri (IAIN) Ambon.

“ Akademisi Dan Profesional itu kami pilih dari bidang Hukum, Pemerintahan, Ekonomi, sumberdaya dalam hal ini Perikanan dan sosiologi keagamaan,” Rincinya.

Terkait panelis yang berasal dari sosiologi keagamaan dijelaskanya keterlibatan panelis tersebut agar bagaimana kita mengembangkan budaya kebersamaan, toleransi yang ada dalam masyarakat sebagai kekuatan dalam menjaga hubungan kebersamaan dan toleransi antara umat beragama.

“ jangan Kita Menginterpretasikan karena ada panelis dari unsure agama lalu yang dipertanyakan misalnya surat ini bunyinya apa, ayat berapa bukan ini yang dimaksudkan,” terangnya.

Dalam pelaksanaanya debat Kandidat akan digelar di Gedung LPTQ  Dumar, dengan undangan dari masing masing tim sebanyak 200 (dua ratus) orang dan ditambah undangan Eksklusif sebanyak 100 Orang  yang diundang oleh KPUD Tual.

Untuk pengamanan pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak Polri Dan TNI guna pengamanan saat jalanya debat kandidat nanti.

“ Untuk menyambut debat itu KPUD Tual sudah berkoordinasi dengan pihak keamanan dalam hal ini Polres Maluku Tenggara  yang dipimpin langsung Kapolres Maluku Tenggara AKBP Indra Fadila Siregar yang ditemui dilokasi debat, nantinya Polres Malra akan di Back up oleh pihak TNI,” Jelasnya.

Diakhir wawancaranya Faqih menjelaskan Debat Kandidat adalah bagaimana masyarakat bisa mendengar visi misi kemudian Program yang akan dilaksanakan oleh setiap pasangan calon pada saat mereka terpilih sebagai Walikota Dan Wakil Walikota nantinya.

“ kepada masyarakat harus dipahami debat kandidat bukan baku malawan seperti orang baku malawan harga ikan, sayur atau dagangan dipasar jadi tolong jangan dipersepsikan seperti itu karena yang berdebat ini adalah orang orang tehormat yang nantinya terpilih sebagai kepala daerah,” Tutupnya. (MN-86)


Editor : Ridwan Kalengkongan

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar