Marrin News

Desa Tayando Yamtel Gelar Musrenbangdes dan Pendirian Bumdes

Penyampaian Materi Saat Pelaksanaan Musrembangdes dan pembentukan bumdes
Tual, Marrinnews.com- Desa Tayando Yamtel Kecamatan Tayando Tam Kota Tual menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) guna menyusun Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Desa, usulan prioritas progress, kegiatan pembangunan desa tahun 2018, serta Sosialisasi Pendirian dan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) yang dilaksanakan selama sehari di Balai Desa Tayando Yamtel Minggu (4/3).

Penjabat Kepala Desa Tayando Yamtel Ahmad Yani Sedubun kepada media ini usai kegiatan dimaksud mengatakan, (hari ini-red) Desa Tayando Yamtel telah melaksanakan Musyawarah Desa yang merupakan bagian yang tak terpisahkan, dari proses perencanaan desa, yang dimulai dari Musrenbang Desa untuk yang bertujuan untuk menyerap kegiatan-kegiatan yang diusulkan oleh masyarakat, sehingga pada saatnya nanti, kegiatan-kegiatan tersebut dimasukkan dalam rencana kerja pemerintah desa.

"Usulan kegiatan yang disampaikan oleh masyarakat, akan di akomodir sehingga bisa memenuhi empat program yang telah disampaikan atau dicanangkan oleh pemerintah desa, yang pertama yaitu penyelenggaraan pemerintahan desa, pembangunan, pembinaan dan pemberdayaan," jelas Sedubun.

khusus untuk penggunaan dana desa, Desa Yamtel fokuskan pada dua bidang, yaitu bidang pembangunan desa dan pemberdayaan.

"Kegiatan-kegiatan yang telah disampaikan oleh masyarakat khususnya di bidang pembangunan desa, merupakan kegiatan yang  disesuaikan dengan kebutuhan yang ada di desa terutama menyangkut dengan pembangunan atau fasilitas perumahan tidak layak huni, penyediaan bak sampah desa yang telah diamanatkan dalam peraturan desa," kata Sedubun.

Pembentukan dan pengembangan Bumdes juga merupakan hal yang diprioritaskan sehingga diharapkan dengan adanya Bumdes ini, dapat meningkatkan perekonomian yang ada di desa, dengan disesuaikan dengan potensi-potensi yang ada di desa, dan ini merupakan salah satu langkah maju yang telah dilaksanakan oleh pemerintah desa yang juga mendapat dukungan dari semua pihak yang ada di desa Tayando Yamtel.

Peserta Musrembangdes
"Salah satu pengelolaan Bumdes yaitu pembelian hasil masyarakat yang saat ini sangat rendah, sehingga dengan adanya Bumdes diharapkan bisa meningkatkan hasil perikanan maka dengan sendirinya memacu masyarakat untuk terus giat dan berusaha sehingga bisa meningkatkan taraf hidup serta pendapatan perekonomian masyarakat," harap Sedubun.

Pantauan wartawan pemateri dalam kegiatan tersebut diantaranya Camat Tayando Tam, Kapolsek Tayando Tam, Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Tayando Tam, staf ahli pendamping desa dengan peserta yang terdiri dari tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, ibu-ibu PKK, dan peserta lainnya.(MN)



Editor : Ridwan Kalengkongan

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar