Marrin News

Bawaslu Gelar Sosialisasi Forum Warga

Sosialisasi Forum Warga Oleh Bawaslu
Tual, Marrinnews.com.- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Maluku menggelar sosialisasi forum warga bagi Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Perempuan dan pemilih pemula dalam rangka pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota yang dilaksanakan di restoran pelangi Kota Tual pada minggu (4/1/2018).

Ketua Bawaslu Maluku Abdullah Ely SH,MH kepada wartawan usai kegiatan mengatakan dasar pelaksanaan kegiatan sosialisasi forum warga adalah bagian dari upaya strategi pencegahan.

“ sebagaimana strategi bawaslu beserta seluruh jajaranya itu mengutamakan proses pencegahan oleh karena itu kegitan ini dilaksanakan,” jelasnya.

Selain kegiatan tersebut sambungnya, ada kegiatan lainya yang dikreasi bersama sama dengan masyarakat diantaranya kegiatan partisipatif melibatkan seluruh stakeholder, Organisasi masyarakat sipil yang melibatkan organisasi kepemudaan (OKP).

“ jadi ada OKP muslim, katolik, protestan, pramuka serta KNPI yang dilibatkan secara bersama sama,” terangnya.

Kegiatan pencegahan yang juga dilaksanakan yaitu dengan penyebaran video, interaktif di media cetak dan elektronik serta spanduk hal ini dilakukan sebagai upaya maksimal dalam rangka pencegahan.

“ kalo misalnya semua ihtiar dilakukan dan ternyata masih saja terjadi pelanggaran maka proses penindakan yang kemudian menjadi pilihan terakhir dalam penegakan aturan pemilihan,” Tegasnya.

Ketua Divisi Sumberdaya Manusia dan organisasi Bawaslu Maluku Astuti Usman mengingatkan apabila pada proses Pilkada nanti  ada money politik serta keterlibatan ASN maka akan ditindak tegas sesuai undang undang yang berlaku.

“ sudah jelas ya terkait money politik dimana pasal 71 ayat 2 bahwa money politik dilarang dalam bentuk apapun,” jelasnya.

Karena menjadi viral yang sangat tidak baik untuk menjadikan calon kepala daerah pada saatnya nanti bisa menerapkan praktek yang korup.

“ untuk itu kami meminta kepada masyarakat, OKP, Ormas serta tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat untuk bersama sama mengawasi adanya money politik politik dimasyarakat,” pintanya.

Sedangkan bagi ASN dirinya mengingatkan dalam bentuk apapun dilarang terlibat dan melibatkan diri dan tetap menjaga netralitas.

“ apabila ada ASN yang melanggar maka kami akan menindak dengan merekomendasi ke Komisi ASN,” Ujarnya.

Pantauan wartawan dalam kegiatan sosialisasi tersebut selain pemaparan materi oleh kedua narasumber juga dibuka sesi tanya jawab. (MN/86)


Editor : Ridwan Kalengkongan

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar