Marrin News

Warga Fidabot Apresiasi Program Pemkot Tual

Dadi Rahanyamtel
Tual,- pelaksanaan bedah rumah pada program Kota Tanpa Kumuh “Kotaku” yang digagas Pemerintah Kota Tual melalui dinas Perumahan Dan Pemukiman ( Perkim) diantaranya kampung pelangi, kampung merah putih dan kampung biru putih menuai kritik dari masyarakat karena dinilai pihak ketiga melakukan  klasifikasi  dalam pekerjaan dibantah Warga.

Dadi Rahanyamtel warga Fidabot Desa Tual Kecamatan Dullah Selatan Kota Tual saat ditemui wartawan dikediamanya menepis seluruh isu miring dalam pelaksanaan rehabilitasi rumah warga tersebut. dikatakanya sesuai dengan isu yang berkembang bahwa, dalam program Pemerintah Kota Tual terkait program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) melalui Dinas Perumahan dan Pemukiman yang dilaksanakan oleh kontraktor dalam merenovasi rumah terdapat diskriminasi itu tidaklah benar.

“ sesungguhnya bahwa, informasi atau isu yang berkembang itu mereka tidak tau apa yang sebenarnya terjadi di wilayah dimaksud, baik kampung pelangi, merah putih maupun biru putih,” Bantah Rahanyamtel dikediamanya pada Jumat (26/01/2018).

warga saat mengabadikan fotonya disalah satu karikatur kampung Pelangi
Dijelaskanya dana untuk program ini merupakan dana hibah dari pemerintah yang diberikan kepada masyarakat secara langsung, dana tersebut sebelum turun ke masyarakat, ada sosialisasi yang diberikan kepala Dinas Perkim Kota Tual tentang program pemerintah yaitu rehabilitasi yang teridiri dari beberapa kategori yaitu rehab ringan, sedang, dan berat. Maka sudah barang tentu dalam pelaksanaan ada rumah yang diganti daun senk secara keseluruhan ada yang sebagian.

“ Ini bukan kesalahan dari Dinas terkait atau kontraktor, tetapi sudah terlebih dulu ditinjau dan dihitung kebutuhanya masing masing rumah oleh konsultan perencanaan sesuai kebutuhan rumah sebelum pekerjaan ini berjalan,” tegas Rahanyamtel.

Menurutnya sebagai masyarakat yang mendapat manfaat langsung dari program tersebut, Sebagai masyarakat menginginkan agar semua rumah diganti, tetapi ini terkait dengan keterbatasan dana dan pihaknya sangat memaklumi niat baik pemerintah. Olehnya itu, dirinya berharap kepada Pemerintah Kota Tual dan DPRD agar kiranya kedepannya dalam pembahasan APBD terkait dengan renovasi rumah maka itu harus ada kesepahaman.


"Kami sangat mengapresiasi dan berterimakasih kepada Pemerintah Kota Tual dalam hal ini Walikota Tual yang sudah melakukan terobosan baru di wilayah ini, tidak seperti daerah lain, hanya merenovasi beberapa rumah, tetapi renovasi ini dilakukan secara besar-besaran," Tutupnya. (MN-86)


Editor : Ridwan Kalengkongan

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar