Marrin News

Pemkot Launching Aplikasi "I Trust"

Walikota Tual Adam Rahayaan S.Ag saat pelaunchingan I Trust
Tual - Pemerintah Kota (Pemkot) Tual Launching Aplikasi I Trust (Informasi Trouble Unggah Solusi Tuntas) dan pembinaan jasa konstruksi bagi penyedia barang/jasa diaula Kantor Walikota Tual, sabtu (2/12).

Kepala Dinas PU Kota Tual John Ngamelubun dalam arahanya mengatakan pembinaan jasa konstruksi bertujuan untuk membentuk badan usaha jasa konstruksi yang tangguh, kuat, berkualitas, dan mampu menciptakan iklim usaha yang kondusif.

Sejalan dengan itu guna tata pemerintahan dapat berjalan dengan baik maka dibutuhkan penerapan aplikasi I Trust, dimana aplikasi tersebut dapat dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat guna pelaporan terhadap seluruh kegiatan penyediaan barang dan jasa di wilayah Kota Tual.

Walikota Tual Adam Rahayaan S.Ag sebelum secara resmi melaunching aplikasi I Trust mengatakan dalam rangka memberikan dukungan informasi terhadap penyelenggaraan pelayanan publik dilaksanakan sistem pelayanan informasi dan pelaporan pengaduan yang mudah diakses masyarakat. Inovasi teknologi yakni I Trust merupakan satu-satunya aplikasi layanan informasi pelaporan dan pengaduan secara online yang berbasis teknologi android yang dibuat Pemkot Tual berfungsi sebagai corong komunikasi antara masyarakat dengan pemerintah.

"Tujuannya memaksimalkan pelayanan publik dengan menyediakan solusi untuk masalah infrastruktur dan mendukung pembangunan yang berkelanjutan dengan mengikutsertakan keterlibatan masyarakat", jelas Rahayaan.

Aplikasi pengaduan secara online tersebut diharapkan Rahayaan mampu mengakomodasi berbagai keluhan masyarakat mulai dari masalah penyediaan air bersih, sampah, jalan rusak, fasilitas umum, kesehatan, hingga pelanggaran ASN.

" Dari aplikasi I Trust ini juga kepala daerah dapat melihat sejauh mana tindak lanjut dari laporan masyarakat, dan kepala daerah dapat memonitoring langsung akan fungsi perangkat daerah dalam menjalankan kinerjanya," Janjinya.

Rahayaan berharap dengan adanya program ini kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah akan terbangun dengan mengajak partisipasi masyarakat, untuk melaporkan keluhan dan peduli terhadap lingkungan sekitarnya, serta melakukan pengawasan pembangunan secara partisipatif. 

" Nantinya laporan atau pengaduan akan ditindak lanjuti oleh SKPD terkait dan menjadi tolak ukur dari kinerja ASN yang memiliki tugas pelayanan masyarakat, apabila tidak memenuhi apa yang sudah ditetapkan maka akan di evaluasi," Tegasnya.

Untuk itu Rahayaan mengajak agar gunakanlah I Trust Pemkot Tual dengan baik dan bijaksana, serta berikan informasi tentang kejadian, keluhan serta kerusakan infrastruktur disekeliling anda kepada pemerintah.

"Semakin banyak pelayanan online oleh pemerintah kepada masyarakat dan semakin luas penggunaannya maka semakin besar dampaknya bagi peningkatan efisiensi, transparansi, dan akuntabilitas pemerintah", Tutupnya (MN/Team)


Editor : Ridwan Kalengkongan




Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar