Marrin News

Peringati HKN Ke 53, Pemkab Launching “Germas”

Peserta Jalan Santai
Langgur,.- Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-53 sebagai upaya mendorong program Indonesia Sehat dengan cara pendekatan keluarga Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara (Pemkab Malra) gelar Launching Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) pada sabtu (11/ 11/ 2017).

Bupati Malra dalam Sambutan tertulis yang dibacakan Wakil Bupati Drs. Yunus Serang M.Si mengatakan peringatan HKN ke 53 agar dapat mereflesikan kembali sejauh mana keberhasilan upaya kesehatan yang telah dilaksanakan baik promotif, preventif, kuratif serta rehabilitasi dalam meningkatkan derajat kesehatan bangsa Indonesia khususnya di Malra.

Dikatakanya pembangunan Kesehatan pada hakekatnya adalah berbagai upaya yang dilaksanakan oleh semua komponen bangsa Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi tingginya.

“ Saat ini Indonesia tengah mengalami perubahan pola penyakit yang sering disebut transisi epidemologi yang ditandai dengan meningkatnya kematian dan kesakitan akibat penyakit tidak menular seperti strok, jantung, diabetes dan lain lain.” Ujarnya

Menurutnya Germas bertujuan meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan masyarakat untuk berprilaku sehat dalam upaya meningkatkan kualitas hidup sedangkan tujuan khusus adalah meningkatkan partisipasi, peran terhadap masyarakat dengan pola hidup sehat untuk mengurangi beban biaya kesehatan.

Untuk itu kini Berbagai upaya yang dilakukan dalam rangka Germas diantaranya, Peningkatan aktifitas fisik, peningkatan prilaku Hidup bersih dan Sehat, penyediaan pangan sehat dan percepatan perbaikan gizi, peningkatan pencegahan dan deteksi dini penyakit,  peningkatan kualitas lingkungan serta peningkatan edukasi hidup sehat.

“ Adapun prinsip dari Gerakan Masyarakat Sehat adalah kerjasama multi sector dan pemangku kepentingan Antara sector Kesehatan, akademis, LSM dan sector sector lainnya guna keseimbangan masyarakat, keluarga dan individu” pintanya

Hal ini guna dalam pemberdayaan masyarakat, khususnyaa mereka yang mau hidup sehat dan menjadi mitra pengendalian penyakit, penguatan sistim kesehatan, reformasi dan reorientasi pelayanan kesehatan, penguatan siklus hidup, jaminan kesehatan social, yang berfokus kepada pemerataan penurunan penyakit karena determinant social seperti kemiskinan, gender, lingkungan, budaya, sumber daya manusia dan kemauan politik. Untuk mewujudkan dan memasyarakatkan Germas diperlukan sebuah kompanye dan sosialisasi agar tujuan dapat tercapai.

Diharapkanya kampanye dan sosialisasi ini mendapat dukungan peran dari lintas sector terkait, komitmen dan yang terpenting adalah monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan Germas.

Pantauan Wartawan kegiatan Jalan Santai pagi hari dimulai dengan titik start RSU Hati Kudus Langgur dan finish di RSUD Karel Sadsuitubun Langgur, jalan santai tersebut juga diberikan door prize melalui undian berhadiah yang dilaksanakan usai Jalan santai, berdasarkan informasi yang dihimpun Sebelum kegiatan Jalan Santai panitia juga telah melaksanakan berbagai kegiatan seperti lomba yel yel serta serangkaian kegiatan lainnya (MN-NS)


Editor : Ridwan Kalengkongan

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar