Marrin News

Inilah Penjelasan ASDP Terkait Tiket Holat Untuk Tayando

Tiket Tual ke Tayando
Tual,MN.- Tak seperti biasanya, warga masyarakat pemakai jasa pelayaran milik PT. ASDP Indonesia Ferry dengan tujuan Tual ke Tayando terlihat bertanya tanya pada saat penagihan tiket oleh komparador Feri KMP Tanjung Madlahar, hal tersebut akibat tiket yang diterima terterah Tual tujuan Holat Kei Besar namun diperuntukan untuk tujuan Tual ke Tayando.

Pantauan wartawan media ini yang juga mengikuti pelayaran dengan rute Tual ke Tayando melihat langsung percakapan antara salah seorang penumpang dengan petugas belum lama ini.

“ ibu kenapa tiketnya tujuan holat bukan tayando,” tanya salah satu penumpang kepada petugas komparador.

“ Itu tiket mutasi karena tiket tujuan tayando habis ,” jawab petugas 

merasa penasaran dan bingung penumpang tersebut kembali bertanya dengan sedikit candaan

“ oh saya kira hanya pegawai yang mutasi, ternyata tiket juga dimutasi,” petugas tersebut kemudian dengan wajah tersenyum meninggalkanya.

Percakapan tersebut menimbulkan pertanyaan, kenapa tiket bisa habis? bagaiman proses pengadaan pencetakan tiket oleh PT.ASDP yang diketahui telah puluhan tahun dipercayakan mengelolah angkutan orang dan barang tersebut?

Walaupun harga tiket yang terterah pada tiket tersebut Rp 54.750 (Lima Puluh Empat Ribu Tujuh Ratus Lima Puluh Rupiah) untuk rute Tual ke Holat namun para penumpang hanya membayar Rp 17.000 ( Tujuh Belas Ribu Rupiah). Badan Usaha Milik Negara  dengan Fungsi utama perusahaan ini adalah menyediakan akses transportasi publik antar pulau yang bersebelahan serta menyatukan pulau-pulau besar sekaligus menyediakan akses transportasi publik ke wilayah yang belum memiliki penyeberangan guna mempercepat pembangunan (penyeberangan perintis) tersebut terkesan dikelolah semrawut.

Menanggapi kondisi tersebut Andri Matte Supervisor ASDP Tual kepada wartawan mengatakan para pemakai jasa sudah sering bertanya padanya dan dirinya telah langsung mengklarifikasi.

Andri Matte
“ saya telah menjelaskan langsung kepemakai jasa bahwa tiket tersebut dari kantor pusat, kita bukan cetak disini semua dari kantor pusat,” jelasnya kepada wartawan diruang pertemuan Kantor ASDP Tual Rabu (23/05/2017).

Atas terlambatnya pengadaan tiket dari ASDP pusat tersebut mengakibatkan stok tiket Tual ke Tayando habis, guna menyiasatinya pihaknya menggunakan tiket Tual ke Holat dengan dasar pembuatan berita acara untuk dimutasikan tiket Rute Tual Holat untuk digunakan ke Tual menuju Tayando.

“ pelaporan semua tetap berjalan, sistem administrasi jangan ragu, kita disini terbuka ,” paparnya.

Selain alasan terlambatnya pasokan tiket dari pusat, Penggunaan tiket Tual tujuan ke Holat atas dasar telah ditiadakan rute pelayaran Tual ke Holat, karena saat ini Rute tersebut telah diganti dengan rute baru yaitu Tual - Banda eli - Holat. (MN_86)

Editor : Ridwan Kalengkongan

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar