Marrin News

Rakerda Ke 3 Gerakan Pramuka Provinsi Maluku Digelar Di Kota Tual

Kwarda Provinsi Drs Jacob Patty

Marrin News,Tual.- Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Ke-3 Gerakan Pramuka se Provinsi Maluku digelar di Kota Tual yang dilaksanakan di Aula Pandopo Walikota Yarler Kota Tual Selasa (14/3).

Dalam sambutan Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Tual Adam Rahayaan yang dibacakan oleh Sekretaris Kwarcab Pramuka Kota Tual, yang juga Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Muhammad Zein Renhoat mengatakan, sangat berbahagia, karena Kota Tual dipercayakan sebagai tempat penyelenggaraan Rapat Kerja Daerah Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Maluku pada tahun ini.

Sebagai Kota MAREN dengan Pengertian MAREN dalam bahasa Ibu atau Bahasa Kei artinya Gotong Royong maka Walikota dan Wakil Walikota terpilih, periode 2013-1018 mengusung Visi yakni ‘Terwujudnya Kota Tual yang Mandiri, Aman, Tertib, Religius, Ekonomi Kerakyatan, Nasionalis (MAREN) pada Tahun 2018 Berbasis Potensi Sumberdaya Manusia, Perikanan dan Kelautan,”.

Pada kesempatan tersebut Walikota juga menyampaikan hasil capaian kinerja Pramuka Kwarcab Kota Tual bahwa gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kota Tual yang lahir pada Tahun 2010 telah menetapkan berbagai program dan kegiatan. Salah satunya adalah penyelenggaraan Perkemahan MAREN yang dilaksanakan dalam 2 (dua) tahun sekali dengan melibatkan utusan dari Pramuka Tingkat Siaga, Penggalang dan Penegak. Sampai Tahun 2016 lalu sudah dilaksanakan 3 (tiga) kali dan pada setiap kali pelaksanaan melibatkan kurang lebih 3000 peserta.

“Kegiatan tersebut dapat terlaksana karena berkat dukungan dari Pemerintah Daerah Kota Tual teristimewa dukungan berupa dana,” ungkapnya.

Walikota juga berharap agar pelaksanaan Rapat Kerja Daerah Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Maluku pada tahun 2017 ini dapat berlangsung dengan lancar, aman, tertib dan damai mulai dari awal hingga akhir nanti, serta dapat menghasilkan program dan kegiatan yang dapat bermanfaat bagi Gerakan Pramuka di Provinsi Maluku dalam rangka ikut memberikan konstribusi bagi kemajuan bangsa dan negara Indonesia tercinta.

Sementara itu, Ketua Kwarda Provinsi Maluku  Drs. Jacob Patty dalam sambutannya sekaligus membuka secara resmi dalam sambutanya mengatakan Top of Form
Bottom of Form
Top of Form
Bottom of Form
Rapat Kerja Daerah Gerakan Pramuka se-Maluku dilaksanakan di daerah guna bersama mendorong Pramuka agar lebih berkembang dan maju dengan tema melanjutkan Konsolidasi Organisasi Guna bekerja untuk kaum muda, mewariskan yang terbaik baik bangsa.

Tema tersebut merupakan wujud dari semangat yang menjadi bagian dari tekad bersama untuk menyelesaikan tahapan konsolidasi dan penataan organisasi, peningkatan kompetensi para pengembang dan pelaksana kegiatan.

Kwarda Maluku Drs Jacob Patty Saat Membuka Rakerda
“Kami bersyukur bahwa Rakerda ini di hadiri mendapat   11 Kwarcab dan hanya 1 Kwarcab yaitu seram bagian barat yang tidak diikut sertakan karena diberikan sangsi akibat tidak melaksanakan Musyawarah untuk memilih pengurus,” ujarnya.
Selain SBB, sebelumnya Maluku Tenggara juga diberikan sangsi namun Malra telah berhasil dilakukan rehabilitasi karena Cabang Malra telah selesai melaksanakan musyawarah untuk memilih pengurus.

Setelah membacakan sambutan, Patty secara resmi membuka Rakerda ditandai dengan pemukulan tifa bertanda dimulainya Raker Kwarda tingkat Provinsi Maluku dengan didampingi oleh Pimpinan Daerah Kota Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara serta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kota Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara.(MN_86)

Editor : Ridwan Kalengkongan

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar