Marrin News

Buka Sosialisasi Pengembangan UMKM

Setda : Perbankan Agar Memberikan Fasilitas Kredit Bagi UMKM Malra
Sekda Malra Ir. P. Beruatwarin 

Marrin News, Langgur.- Sosialisasi UMKM yang dilaksanakan dan difasilitasi oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Maluku Disambut baik Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara Malra pasalnya sosialisasi yang dilaksanakan saat ini sesungguhnya mengandung peran yang sangat strategis dalam memperkuat pembangunan perekonomian diMalra Hal Tersebut dikatakan sekretaris Daerah Ir Petrus Beruatwarin saat membacakan Sambutan mewakili Bupati sekaligus membuka secara resmi "Sosialisasi Pengembangan Umkm" Di Ballroom Hotel Grand Vilia Pada Rabu (08/03/2017).

“ Sosialisasi ini tentu didasarkan atas pemikiran bahwa pengembangan UMKM adalah upaya peningkatan Kapasitas Ekonomi Daerah dan pengendalian inflasi,” Ujarnya

Dijelaskanya Pemerintah Daerah melalui berbagai instrumen dari waktu ke waktu terus berupaya untuk mendorong pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Pola-pola pembinaan seperti ini tentunya harus diikuti dengan menciptakan suasana yang kondusif bagi pertumbuhan dan pengembangan UMKM melalui kemudahan kemudahan untuk mengakses fasilitas kredit lunak maupun melalui perbankan dan lembaga keuangan lainnya. Selain itupula akselerasi program-program pemberdayaan serta penguatan usaha ekonomi produktif akan terus ditingkatkan dan kembangkan.

“Komitmen Kita pada Akhir Periodisasi RPJMD akan dapat dihasilkan 100 UMKM Tangguh dan Mandiri. Kesemuanya itu mengandung maksud agar pembangunan bidang UMKM di Kabupaten Maluku Tenggara benar-benar dapat memberikan kontribusi yang nyata bagi peningkatan pendapatan masyarakatyang pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta memberikan multiplayer efect bagi peningkatan perekonomian daerah,” tuturnya

Dirinya berharap UMKM dapat berperan sebagai “agen pembangunan” yang bukan saja mampu menghasilkan nilai tambah ekonomi tetapi sekaligus dapat memberikan nilai tambah sosial yakni memerangi kemiskinan, membuka lapangan kerja serta memperkokoh keurukunan sosial.

Dalam kesempatan ini pula, dirinya berharap kepada Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Maluku, BRI dan Bank Maluku, agar sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) kiranya diberikan perhatian yang lebih besar guna memperoleh fasilitas kredit secara signifikan, pemerintah daerah melalui SKPD terkait akan membantu dengan cara memaksimalkan sistem pengawasan termasuk penilaian atas kelayakan usaha masyarakat penerima bantuan.

“ Saya juga berharap pada Forum ini dapat diselipkan pula pengetahuan dan wawasan bisnis, meningkatkan akses pasar serta distribusi produk UKM Kami konsen terhadap Pentingnya pembangunan Sektor UMKM di Maluku Tenggara,”


Karena pengalaman telah membuktikan bahwa disaat badai krisis ekonomi menimpa bangsa dan di daerah Kita, justru Usaha Kecil dan Menengah membuktikan dirinya mampu mempertahankan eksistensinya. ( MN_Team)

Editor : Ridwan Kalengkongan

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar