Marrin News

Rahayaan Dikukuhkan Secara Adat Sebagai “Kot Duroa”

Pemasangan Baju Adat Dan Pengalungan Bunga


Marrin News, Tual.- Walikota Tual Adam Rahayaan S.Ag disambut secara Adat saat tiba didesa Dullah Laut dalam rangka peletakan batu pertama pembangunan Masjid Almuchlisin yang berlangsung belum lama ini.

Pantauan wartawan Walikota Tual yang ditemani istri dan rombongan saat tiba disambut dengan pemasangan baju adat oleh ibu kepala desa Fatma Rahadet, dan pengalungan bunga oleh ibu ketua panitia S Raharusun kemudian dikukuhkan secara adat sebagai Kot Duroa (anak Dullah Laut) oleh Tokoh Adat Enggenius Rahadet.

Setelah prosesi adat, rombongan yang hendak menuju kelokasi pengresmian Mesjid, disuguhkan tarian burung talang persembahan siswa SD Nasional Katolik Duroa, setelah itu walikota beserta rombongan dengan menaiki replika belang adat Koryar Betaw dan diiringi dengan tarian hadarat diarak mengelilingi Desa Dullah Laut menuju ke lokasi acara.
Rombongan Saat Menaiki Belang Adat Koryar Betaw

Terlihat saat rombongan Walikota berjalan, disepanjang jalan dengan jarak kurang lebih 500 meter, tampak siswa siswi sekolah se Dullah Laut  telah membentuk pagar hidup pada ruas jalan yang dilewati rombongan. warga desa terlihat begitu antusias dan sangat bahagia menyambut kedatangan orang No 1 Kota Tual tersebut.

Mendapat Dukungan Politik 

Selain dikukuhkan secara adat, secara mengejutkan dalam momentum tersebut lewat pernyataan sikap yang dibacakan oleh kudus Nuhuyanan yang ditandatangani Asis Nuhuyanan (Imam Mesjid Almuchlisin Dullah Laut), H.Ilyas Raharusun (Imam Mesjid alallah), Ignasius Rahadet (Dewan Geraja Duroa) yang diketahui kepala Desa Dullah Laut  mengatakan Keluarga besar masyarakat Desa Dullah laut dan Dusun Duroa menyatakan sikap diantaranya Pertama Keluarga Besar Masyarakat Desa Dullah Laut Dan Dusun Duroa secara resmi menyatakan sikap untuk mendukung Rahayaan untuk maju sebagai walikota Tual dalam pemilihan kepala daerah periode 2018-2023, kedua berdasarkan pada poin pertama warga masyarakat meminta kepada rahayaan guna mengakomodir putra terbaik Desa Dullah Laut Dan Dusun Duroa. (MN_86)




Editing : Iwan Kalengkongan

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar