Marrin News

Blusukan Walikota Didesa Fiditan Lingkungan warbal


Walikota: Blusukan Meretas Ruang, Jarak Rakyat Dan Pemkot  
Warga Lingkungan Warbal Saat bertanya

Marrin News, Tual.- Agenda Blusukan yang di gagas walikota Tual Adam Rahayaan. S,Ag M,Si dalam rangka mendengar secara langsung dari warga atas masalah dan kebutuhan lingkunganya kembali di gelar di Desa Fiditan Lingkungan Warbal Kota Tual pada Sabtu (4/02/2017).

Tidak seperti biasanya Walikota hanya didampingi Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kota Tual namun di Warbal juga ditemani salah satu Anggota DPRD Kota Tual yang juga warga lingkungan warbal Ishak Nuhuyanan.

Pantauan Wartawan, seperti biasanya warga tidak menyianyiakan kesempatan saat bisa bertatap muka secara langsung dengan pemimpinnya, terlihat antusiasme warga dalam menyampaikan persoalan dan kebutuhannya saat moderator yang dipimpin Djufri Renoat memberikan kesempatan kepada warga untuk bertanya.

Pertanyaan dari warga diantaranya meminta pemerintah kota untuk merekrut honorer guna menekan angka pengangguran, meminta tambahan intensif untuk pengurus masjid, bantuan untuk merenovasi masjid yang belum permanen, penanganan sampah secara baik, air bersih yang belum dinikmati oleh warga, pembagian raskin secara merata, dan pengadaan mobil angkutan oleh Dinas Perhubungan guna trayek pasar ke Fiditan Warbal.

Setelah warga menyampaikan aspirasinya SKPD terkait yang hadir langsung menjawab sesuai tupoksinya, pada kesempatan tersebut Kepala Koperasi Kota Tual Zein Matdoan mengatakan dirinya sejak Januari telah menurunkan tim untuk mendata dan menginventarisir koperasi yang ada di Kota Tual guna memberikan bantuan serta dilakukan pembinaan dan pendampingan namun hanya 4 Koperasi  yang layak.

“Semenjak dari awal blusukan saya telah menunggu permintaan dari masyarakat baik itu tenda tempat jualan, serta bantuan bagi koperasi namun saat ini belum ada yang memasukannya,” ujarnya

Sementara itu Kadis Sosial Hj. Wati Kabalmay kepada warga Fiditan memastikan bahwa bantuan PKH apabila ada yang memotong segera melaporkan kepadanya, dirinya juga meminta agar apabila ada warga lansia, cacat (Difabel), dan gangguan kejiwaan agar segera dilaporkan  guna mendapat bantuan.

Ditempat yang sama Anggota DPRD Kota Tual Ishak Nuhuyanan kepada Warga Fiditan mengatakan, dirinya mengapresiasi langkah Walikota beserta SKPD yang langsung berdiskusi dengan warga, dikatakannya selaku anggota DPRD yang juga terlibat dalam badan anggaran DPRD berjanji akan bersama mengawal seluruh bantuan pemerintah agar bisa tepat sasaran.

“Semua bantuan sudah menjadi fungsi kami untuk mengawas, contohnya bantuan speed boat yang sering salah sasaran akhirnya setiap mendapat bantuan biasanya langsung dijual, kedepan nantinya ini yang akan dihindari,” tegasnya

Walikota Tual dalam kesempatan tersebut berjanji memastikan seluruh keluhan warga akan ditindak lanjuti, menjawab warga untuk rencana merenovasi Masjid agar segera proposalnya dimasukan, menjawab soal tenaga honorer, dalam rekrutmen Pemkot berdasarkan kebutuhan dan skil. Sementara itu untuk intensif bagi pengurus Masjid akan diusahakan untuk bagi Hatib akan diberikan SK Honor guna menjawab pemenuhan kebutuhanya, dan bagi pegawai yang ingin menempati posisi pejabat eselon menurutnya aturan ASN mengharuskan pengisian jabatan haruslah menempuh tahapan fit and properties dan dalam seleksi tersebut dirinya memastikan akan adil dalam pengisian jabatan tersebut.

Menarik dari Blusukan itu, diakhir kegiatan, Ketua lingkungan Warbal dalam arahannya mengatakan bahwa warga Fiditan lingkungan Warbal mendukung Adam Rahayaan di Tahun 2018, namun terlihat Walikota menanggapi dukungan tersebut dengan sangat tenang dan mengatakan kunjungan resmi kepala daerah tidak pernah dibatasi, ini bukan kunjungan politik, mungkin pada moment lain saat sedang melaksanakan aktifitas politik, karena menurutnya jangan ada lagi jurang pemisah, keterbatasan dan ruang antara rakyat dan pemerintah, untuk itu dirinya menggelar blusukan, rahayaan juga berpesan agar warga fiditan selalu menjaga keamanan dan kenyamanan Desa Fiditan.(MN_86)


Editing : Iwan Kalengkongan

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar