Marrin News

Baumasse : Operasi Simpatik Guna Menekan Kecelakaan Dan Curanmor

AKP. Jhon.D. Baumasse. S,Sos
Marrin News, Tual.- Bagi pengguna kendaraan bermotor baik roda 2 (dua), 3 (tiga) dan 4 (empat) dihimbau agar segera melengkapi surat-surat kendaraan pasalnya Kepolisian Resort Maluku Tenggara (Malra) pada Rabu (1/3/2017).
akan menggelar operasi simpatik 2017 yang digelar secara serentak diseluruh Indonesia.

kepada wartawan Kepala Satuan Lalulintas Polres Malra AKP. Jhon D Baumasse.S.Sos mengatakan Operasi Simpatik dijadwalkan akan berlangsung selama 21 hari kedepan, terhitung sejak Rabu hingga (Selasa 21/3/2017) dan dalam operasi simpatik tersebut Satlantas Polres Malra akan melakukan pemeriksaan atas surat-surat kendaraan diantaranya Surat Izin Mengemudi (SIM) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) serta kelengkapan keamanan lainnya dan apabila saat operasi digelar bagi pengendara yang tak memiliki surat maupun kelengkapan kendaraan, akan langsung dikenakan sanksi berupa tilang di tempat.

"Jadi bagi pengendara agar sekiranya menyiapkan surat kendaraan, karena ada tindakan tegas yang akan dilakukan untuk penegakan hukum," tutur  Baumasse kepada wartawan Diruang kerjanya senin (28/02/2017).

Operasi simpatik yang dilaksanakan serentak secara nasional dalam rangka  meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap Undang Undang Nomor 2 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan.

Menurutnya prioritas utama dalam Operasi Simpatik  tersebut adalah Masyarakat yang tidak tertib berlalulintas yang berpotensi menyebabkan terjadinya Fatalitas kecelakaan antara lain, Melawan  arus Lalu Lintas khususnya kendaraan roda dua, Melanggar rambu-rambu Lalu Lintas, Pelanggaran batas kecepatan dan pengendara yang tidak menggunakan helm Standar Nasional Indonesia (SNI).

" Dengan dilakukan penegakan hukum pada sasaran prioritas tersebut,maka pelaksanaannya dapat mendorong tercapainya tujuan kegiatan operasi simpatik tersebut " Targetnya

Tujuan dari operasi simpatik ini sambungnya, adalah untuk meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas, sehingga dapat meminimalisir pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas, serta menurunkan tingkat fatalitas korban kecalakaan dan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Polri. jika dengan terbentuknya opini positif dan citra tertib dalam berlalu lintas dapat mewujudkan Keamanan keselamatan, ketertiban kelancaran lalu lintas.(Kamseltibcar Lantas) dalam rangka menyambut HUT Bayangkara yang ke-70 Tahun 2017.

“ hal ini juga merupakan salah satu solusi terbaik untuk menekan tingginya angka kecelakaan lalu lintas dan pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) yang marak terjadi  akhir akhir ini diwilayah Mapolres Malra” Ujarnya

Selain itu operasi simpatik juga diharapkan dapat menjaring Kendaraan yang berasal dari luar Propinsi Maluku yang diduga merupakan kendaraan bodong atau tidak memiliki surat-surat yang sering diperjual belikan dengan harga yang sangat murah.

" saat ini banyak kendaraan yang roda dua yang tidak di lengkapi dengan bukti surat-surat kepemilikan yang sah yang banyak beredar didaerah ini  dan ini juga merupakan salah satu target dalam operasi yang akan dilakukan nanti" tegasnya.

Untuk itu melalui Operasi Simpatik Dirinya berharap agar pemilik kendaraan roda dua dan roda empat dapat melengkapi surat-surat kendaraan dan kelengkapan lainnya, dan bagi masyarakat yang mengetahui jaringan motor bodong  untuk segera melaporkan ke Polres agar dapat di ambil tindakan tegas (MN_07).


Editor : Ridwan Kalengkongan

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar