Marrin News

Walikota Hadiri Peletakan Batu Pertama Pembangunan STIE Umel Tual

DR. H. Muhamad H. Ingratubun
Marrin News,Tual– Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE UMEL) Tual Yayasan Muhammad Thaha Pada Rabu (11/1) kemarin melaksanakan acara peletakan batu pertama pembangunan kampus Muhammad Thaha.

Acara yang berlangsung di halaman kampus STIE UMEL itu dihadiri oleh Walikota Tual Adam Rahayaan, perwakilan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kota Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara, unsur TNI-Polri serta perwakilan siswa-siswi SMA serta tamu undangan lainnya.

Walikota Tual Adam Rahayaan dalam sambutannya menuturkan bahwa, dalam penghujung tahun 2016 keluarga besar STIE UMEL Tual melaksanakan wisuda sarjana angkatan ke-VII dan pada (hari ini-red) kita kembali hadir bersama menyaksikan peletakan batu pertama pembangunan Gedung Kampus Muhammad Thaha.

Lebih Lanjut kata Rahayaan Peletakan batu pertama Pembangunan Gedung STIE UMEL di saat ini merupakan arah kembang dari cita-cita luhur Yayasan STIE UMEL Tual dalam karya bhakti di bidang pembangunan Sumber Daya Manusia, yang bukan tidak mungkin, akan terus memberi andil terhadap suksesnya indeks pembangunan manusia di Kota Tual. Diakui Rahayaan bahwa Perguruan Tinggi dianugrahi tanggung jawab tidak semata, untuk meningkatkan kemampuan Pendidikan dan Pengajaran, Penilitian dan Pengembangan serta pengabdian kepada masyarakat, melainkan juga untuk kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi guna memenuhi tuntutan dan kebutuhan pembangunan.

“Oleh karena itu, kehadiran Yayasan Muhammad Thaha di Kota Tual, sejujurnya telah membantu Pemerintah Daerah dalam upaya mencerdaskan kehidupan Bangsa dengan komitmennya membangun Pendidikan Tinggi di Daerah ini Kendati begitu, perlu juga diikuti dengan terpenuhnya kualitas peningkatan akademik,” ujar Rahayaan.

Sejalan dengan itu, masalah kesenjangan pembangunan, mutlak kita hentikan, antara lain dengan cara menempuh kebijakan-kebijakan pembangunan yang pro rakyat, yang berkhasiat tidak semata untuk memacu lajunya gerak pembangunan, tetapi juga sebagai daya ungkit pertumbuhan perekonomian masyarakat. Tetapi diatas segalanya, saya menyadari betapa wajah Kota Tual, yang terus menjadi cantik, tiada terlepas dari dukungan Yayasan Muhammad Thaha, khususnya Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Umel Tual. Saya juga menyadari betapa upaya mendekatkan kesejahteraan masyarakat, dari seluruh proses penyelenggaraan Pemerintahan, masih saja bertemu dengan sejumlah tantangan, tetapi saya percaya bahwa, mengelolah tantangan menjadi peluang untuk lebih berhasil, akan terns menjadi potret masa depan Daerah ini.

Pemerintah Daerah berkewajiban mendorong terciptanya Kota Tual yang Mandiri, Aman, Tertib, Religius, Ekonomi kerakyatan dan Nasionalis sesuai Visi dan Misi yang telah ditetapkan didalam rencana pembangunan jangka menengah Daerah.

“Guna mencapai keadaan seperti yang dimaksudkan , memang membutuhkan, tidak saja dukungan dan kerjasama dari elemen masyarakat, tetapi utamanya peran dan fungsi Perguruan Tinggi sebagai mitra Pemerintah, terus memacu derap pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat,” harapnya.

Selain itu, Ketua Lembaga STIE UMEL Tual Dr. Hi. Muhammad Husni Ingratubun kepada awak media usai acara peletakan batu pertama mengatakan bahwa, untuk mendongkrak status kampus dari akreditasi C menjadi B harus melelalui beberapa persyaratan penting salah satunya adalah lahan kampus harus 1 hektar dan dan gedung perkuliahaan minimal berlantai dua.

“Olehnya itu kami akan membangun kampus kembar yang berlantai 4 dengan jumlah dana berkisar 4 milyar, dan ditergetkan 2 Tahun sudah dapat di fungsikan untuk proses belajar mengajar,” katanya.

Terkait sumber dana Pembangunan Kampus baru, Ingratubun mengatakan, telah menyiapkan sejumlah dana untuk proses awal pekerjaan, selain itu juga dengan adanya dukungan dari Pemerintah Kota Tual, Provinsi dan Pusat, diharapkan semua dapat berjalan sesuai dengan rencana.

"Dengan adanya dukungan dari semua pihak, kampus yang berlantai empat ini akan berjalan sesuai dengan rencana," jelasnya.(RD-07).

Editing : Iwan Kalengkongan

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar