Marrin News

Pengambilan Sumpah, Pengukuhan Dan Pelantikan Eselon II

Rentanubun Ingatkan Birokrasi Mutlak Memberikan Pelayanan Tanpa Pungli

Ir. Anderias Rentanubun

Marrin News, Malra.- Bupati Maluku Tenggara (Malra) Ir. Anderias Rentanubun Pimpin Pengambilan Sumpah Dan Pelantikan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama setara Jabatan Struktural Eselon II Lingkup Pemkab Malra yang berlangsung Diaula kantor Bupati pada Selasa (31/01/2017).

Rentanubun dalam sambutanya mengatakan Pengambilan sumpah, Pengukuhan dan pelantikan pada hari ini sebagai implementasi dari Undang-undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, peraturan pemerintah nomor 18 tahun 2016 tentang prengkat daerah serta Perda Nomor 3 tahun 2016.Regulasi ini mengamanatkan dan memberikan konsekwensi adanya pemetaan urusan pemerintahan yang kemudian berdampak pada pengisian dan perombakan perangkat daerah.

Lebih lanjut dikatakanya Penetapan dan pengisian jabatan eselon II tersebut dilaksanakan dengan 3 mekanisme yang ditempuh antara lain. Pertama, pengangkatan pejabat pada saat berlakunya PP 18 tahun 2016, nomenklatur, tugas dan fungsi yang masih sama atau nomenklaturnya berubah, namun tugas dan fungsinya tidak mengalami perubahan yang signifikan, maka pejabat tersebut dikukuhkan untuk diangkat dan dilantik kembali dalam jabatan tersebut. Kedua, jabatan pimpinan tinggi yang mengalami perubahan karena dipecah kedalam beberapa jabatan lain, maka pejabat sebelumnya yang sesuai dengan kualifikasi dan kompetensi yang dimiliki dikukuhkan untuk diangkat dan dilantik kembali dalam salah satu jabatan yang sesuai. Ketiga, untuk jabatan yang digabung, maka salah satu pejabat yang menduduki jabatan yang paling sesuai kualifikasi dan kompetensinya, dikukuhkan untuk diangkat dan dilantik kembali dalam salah jabatan baru dari hasil penggabungan.

Selaku pejabatan pimpinan daerah sambungnya, dirinya menempuh mekanisme Job Fit atau uji kesesuaian, sehingga bagi pejabat pimpinan tinggi yang tidak mendapatkan jabatan sebagai akibat adanya penggabungan, penurunan status kelembagaan atau urusan dan kewenangannya beralih ke pemerintahan yang lebih tinggi.

“Melalui mekanisme tersebut, 36 orang pejabat eselon II hari ini saya lantik,” Ujar Rentanubun.

Djelaskan Rentanubun, dalam pelantikan tersebut tentu ada pejabat yang dipromosi dan dirotasi, adalah hal yang biasa dalam penyelenggaraan pemerintahan, untuk itu dirinya mengajak terlebih khusus pejabat yang baru saja dilantik untuk menghindari paradigma yang  bias bahwa pengisian jabatan didasarkan atas pada prinsip “Suka dan tidak suka”.
Forkopimda Saat Menghadiri Acara Pengukuhan Dan Pelantikan

“Terkait dengan pelaksanaan pelayanan publik pejabat yang baru dilantik wajib memberikan pelayanan dan tidak ada lagi pungutan liar dalam setiap pelayanan,” tegasnya.

Pantauan wartawan, Wakil Bupati Drs, Yunus Serang, Sekda Malra Ir P Beruatwarin, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) bersama undangan lainya hadir dalam pelantikan, pengukuhan dan pengambilan sumpah tersebut. 36 Pejabat eselon II  yang dikukuhkan dan dilantik diantaranya Ahmad Dahlan Tamher, Sos. M.Si Sebagai Kepala Dinas Administrasi Kependudukan dan pencatatan Sipil, Abd. Gani Notanubun,SH.M.Si sebagai Staf Ahli Bupati bid. Pemerintahan, Hukum dan Politik, Martinus Mon, Spd. Sebagai Staf Ahli Bupati bid. Ekonomi, Keuangan dan pembangunan, Drs Burhanuddin Renwarin, Staf Ahli Bupati bidang Kemasyarakatan dan SDM, Drs. Abd. Hamid Ingratubun,M.Si sebagai Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Ir.Lukas Retraubun, MBA. M.Si sebagai Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Bernadus Retob, S.Sos. sebagai Asisten Administrasi Umum, Philip.L.Rahantoknam, S.Sos sebagai Sekretaris Dewan DPRD Malra, Dra. Talaohu Fatma sebagai Inspektur, Ir.Nicodemus Ubro,M.Si sebagai Kepala Dinas Perikanan, Klemens Welafubun,S.Pd sebagai Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Muhsin Rahayaan, S,STP. M Si sebagai Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga, Ir.Alexander Joko Wiyono sebagai Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Ir.Zainal Arifin.MM sebagai Kepala Dinas Pangan, Pieter Bambang Royali,SH.M.Si sebagai Kepala Dinas Pariwisata, DR. Andreas Savsavubun.M.Si sebagai Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Muhamad Tukloy, SH.M.Si sebagai Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Ayub Notanubun,SH sebagai Kepala Dinas Sosial, Ir.Karolus Maturbongs sebagai Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Moh.Arsyad Jabkenyanan, S.Sos.M.Si sebagai Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Petronela Savsavubun,SH sebagai Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Drs.Thalib Renhoran sebagai Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Drs.Johanis Renmaur,M.Si sebagai Kepala Dinas Perhubungan,  Ir.Felix B Tethol sebagai Kepala Dinas Pertanian, Protus Remetwa, S.T sebagai Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan, Dra.Sarah Far-Far sebagai Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Abdul Hamid Rumra, SE sebagai Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan, Raisoli Uar,SE sebagai Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Jhon Steven Retraubun,SH sebagai Kepala Satuan Polisi Pamong Praja, Edwardus Ohoira,SH sebagai Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Hironimus Retobjaan,SE sebagai Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, Drs.Ahmad Yani Rahawarin,M.Si sebagai Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah, Teslatu Matheus,M.Si sebagai Kepala Bappeda, Ir.Jan Pieter Rahanra sebagai Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah, Drs.Joseph Sikteubun sebagai Kepala Badan Kesbangpol, Drs.Mokhtar Ingratubun,M.Si sebagai Kepala Badan Pelaksana Penanggulangan Bencana Daerah. (MN_Team)

Editing : Iwan Kalengkongan

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar