Marrin News

Hadiri Perayaan Natal Watlair.

Rahayaan: Perayaan Natal Hendaknya Kita Memahami Arti Penting Kelahiran Yesus Kristus


Pemasangan Lilin Natal Dipimpin Pastor Paroki Tual
Pemasangan Lilin Natal Dipimpin Pastor Paroki Tual
Marrin News, Tual.- Perayaan Natal Watlair (Watran Lairkamor) Panggil Pulang yang dilaksanakan di Desa Watran Kecamatan Dullah Utara Kota Tual Rabu (4/5) kemarin berjalan dengan penuh sukacita.
Pantauan wartawan kegiatan tersebut diawali dengan pemasangan Lilin Natal oleh Pastor Paroki Gereja Farnsiskus Xaverius Tual Jack Renjaan didampingi Ketua Pemuda Desa Watran Dan Ketua DPS.


Dalam Sambutanya Pastor Jack Renjaan mengatakan  Tema natal tahun 2016 yang dikeluarkan Konferensi Wali Gereja Indonesia  (KWI)  dan Persatuan Gereja Indonesia (PGI) yaitu hari ini telah lahir bagimu juru selamat di Kota Daud.
Sehingga inti perayaan Natal adalah kita merayakan kebaikan Tuhan yang datang untuk melawat umatnya, Tuhan datang untuk menyelamatkan kita semua.

 Lebih lanjut dikatakanya Perayaan Natal juga mengajak kita untuk merenungkan peristiwa yang terjadi di Betlehem.

Tarian Samra Oleh Remas Masjid An Nur Watran
“Sebenarnya peristiwa Natal mengarahkan kita untuk melihat apa yang terjadi dipadang gembala, Paus Fransiskus mengajak kita untuk merenungkan inti yang terjadi dipadang gembala, padang gembala yang yang bekerja keras siang malam mereka mendapat berkat khusus, para malaikat mengatakan tentang kelahiran seorang bayi dikandang Natal, kesederhanaan di Betlehem itu mau direnungkan mau dihayati didalam hidup,” ujarnya.

Natal bukan lagi sebuah peristiwa pesta pora pemborosan tetapi perayaan natal mengajak kita semua untuk belajar dari situ, orang orang yang pekerja keras mereka itu akan diberi kabar suka cita. Sehingga perayaan Natal (malam ini-red) hendaknya mengajak kita semua khususnya warga Watlair  agar tahun di tahun 2017, 2 dusun ini bercahaya, dikarenakan peristiwa Natal tidak diarayakan malam ini saja namun dari malam ini sampai seterusnya bersama kita mulai membangun masyarakat Dusun Watlair, kita membawa pesan dan cahaya Natal dalam kehidupan bersama, hidup rukun dan damai.

Sehingga perayaan Natal yang diselenggarakan oleh masyarakat dusun watran dan masyarakat Dusun Laikamor patut diapresiasi karena perayaan natal malam ini telah mempersatukan ke dua dusun dan merupakan satu wujud dari rasa kebersamaan dan kekeluargaan.

 Sementara itu Walikota Tual Adam Rahayaan S,Ag dalam sambutanya mengatakan atas nama  Pemerintah Kota Tual dan pribadi mengucapkan ”Selamat Natal dan Tahun Baru 2017" semoga dengan Perayaan Natal akan memberikan makna pembaharuan yang lebih maju dan sejahtera sejalan dengan Visi dan Misi periode ke - II yaitu menjadikan Kota Tual sebagai kota yang Religius.

Walikota Tual Adam Rahayaan S,Ag Dan Wakil Bupati Yunus Serang
 “Olehnya itu maka saya menyambut baik dilaksanakannya Perayaan Natal Watlair (Watran Lairkamor) Panggil Pulang bersama umat Stasi Watran dan warga masyarakat Dusun Watran dan Lairkamor,” ungkapnya.

Lanjut Rahayaan, dalam suasana Perayaan Natal ini hendaknya kita memahami arti penting Kelahiran Yesus Kristus yang secara prinsip mengajarkan kepada umatnya nilai-nilai kesederhanaan, perbaikan, perhatian terhadap kaum lemah dan cinta kasih sesama umat. Nilai-nilai yang terkandung dalam ajaran Yesus Kristus tersebut, seperti juga nilai-nilai yang terkandung dalam berbagai ajaran agama lainnya merupakan pembimbing moral kehidupan umat pemeluknya dan bagi umat manusia.

“Nilai-nilai tersebut hendaknya dapat diaplikasikan dalam kehidupan kita sehari-hari, karena dalam perkembangan masyarakat saat ini, telah banyak terjadi pergeseran dari nilai-nilai agama,” Pintanya

Menurutnya, Perayaan Natal Watlair (Watran Lairkamor) Panggil Pulang merupakan wujud dari penerapan nilai-nilai dimaksud, karena melalui kegiatan seperti ini maka filosofih nilai-nilai leluhur kita Ain ni Ain, Manut Ain Mehe Ni Tilur Fuut Ain Mehe Ni Ngivun, dan rasa cinta akan Ohoi Nuhu terus terbina dan terpelihara dengan baik.

Dijelaskanya, diberbagai belahan bumi di dunia, serta beberapa daerah di Tanah Air tercinta akhir-akhir ini telah terjadi berbagai gejolak dan pelanggaran terhadap hak azasi manusia yang sangat meragukan dan memperkecil harkat dan martabat kemanusiaan yang selama ini diajarkan dalam setiap agama bagi pemeluknya.

“Kita berharap melalui semangat Perayaan Natal, kita dapat mengambil hikmah dan pelajaran berharga dalam membangun kebersamaan, saling pengertian, hidup secara harmonis dan untuk peningkatan kualitas kehidupan umat di masa yang akan datang,” harapannya.

Hadir dalam perayaan natal tersebut, Wakil Bupati Maluku Tenggara Drs.Yunus Serang Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kota Tual, Camat Dullah Utara, Tokoh Pemuda, Tokoh Agama Dusun Watran dan Laikamor. (RK_86)

Editing : Iwan Kalengkongan

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar