Marrin News

Dilantik Sebagai Ketua PMI Kota Tual

Rahayaan Pastikan Membangun Penguatan SDM Melalui Pembentukan KSR

Pelantikan PMI Kota Tual


Marrin News, Tual.- Perwakilan Pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) Maluku Dr. Jhon Ch. Ruhulessin secara Resmi melantik pengurus Cabang Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tual periode 2014-2019 yang di ketuai oleh Walikota Tual Adam Rahayaan, berlangsung di Aula Rumah Dinas Walikota Tual Senin (16/1).

Dalam Sambutanya usai Pelantikanya Walikota Yang juga Ketua PMI Kota Tual mengatakan Palang Merah Indonesia adalah Organisasi yang bergerak di bidang sosial kemanusian yang keberadaannya diakui secara Nasional maupun Internasional.

“ Kita bersama tahu bahwa eksistensi dan keberadaan organisasi kemanusiaan Palang Merah Indonesia dalam membantu mengurangi penderitaan manusia ketika menghadapi bencana alam maupun konflik kemanusiaan di Indonesia tidak bisa diragukan lagi dalam kecepatan reaksi terhadap situasi tanggap darurat bencana maupun kemampuan relawan kemanusiaan serta dukungan sarana maupun prasarana di daerah bancana “ Ujarnya

Untuk Itu Diharapkan Rahayaan setelah dilantiknya pengurus Palang Merah Cabang Kota Tual kiranya segera membangun kapasitas organisasi dan kelembagaan, penguatan Sumber Daya Manusia melalui pembentukan KORPS Sukarelawan (KSR), karena KSR merupakan kekuatan untuk melakukan kegiatan kemanusiaan, penyediaan sarana prasarana pendukung melalui program jangka pendek maupun jangka panjang.

Disamping itu lanjut Rahayaan,  kepada semua Pengurus untuk tetap melakukan komunikasi aktif dengan Palang Merah Indonesia Maluku sehingga bisa terjadi sinergitas organisasi yang saling mendukung dalam menghadapi masalah-masalah kemanusiaan di Maluku secara umum dan di Kota Tual secara khusus.

“Sebagai organisasi yang dibentuk dan dilantik pada (hari ini-red) sudah barang tentu masih banyak kekurangan-kekurangan yang akan ditunjukan tetapi saya yakin dan percaya kiranya para pengurus tetap menjaga semangat kemanusiaan serta membangun hubungan yang baik dalam menjalankan tugas serta fungsinya sesuai dengan 7 prinsip dasar yaitu Kemanusiaan, Kesamaan, Kenetralan, Kemandirian, Kesukarelaan, Kesatuan, dan Kesemestaan “ Pungkasnya
Adam Rahayaan S,Ag Msi Bersama Pengurus PMI Kota Tual

Hal tersebut Sambungnya, sebagaimana yang telah diatur dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga dengan instansi yang terkait dalam lingkup Pemerintah Kota Tual dan instansi Vertikal seperti TNI, Kepolisian, BASARNAS, Organisasi pemuda, Organisasi Kemanusiaan dan semua Stakeholder yang terkait sehingga Palang Merah Indonesia Kota Tual dapat bekerja lebih efektif dan efisien tidak lupa juga kiranya program prioritas yang harus dilaksanakan adalah kegiatan diseminasi tentang Organisasi Palang Merah Indonesia atau PMI kepada semua komponen masyarakat Kota Tual sehingga masyarakat bisa mengetahui bahwa kehadiran Palang Merah Indonesia di Kota Tual bisa menjawab tugas-tugas kemanusian.

Diakhir sambutannya, Rahayaan kembali mengingatkan kepada para pengurus yang akan dilantik jangan sampai setelah dilantik dan dikukuhkan, tidak ada tindak lanjut dan langkah langkah kongkrit dalam penyelenggaran organisasi PMI Kota Tual. Olehnya itu, dirinya berharap segera melakukan konsolidasi internal untuk membahas program-program penting dan prioritas agar PMI menjadi organisasi kemanusiaan yang profesional, tanggap terhadap bencana dan dicintai masyarakat, membangun kemitraan dengan seluruh stakeholder atau pemangku kepentingan terkait.  

“Saya sebagai Walikota Tual yang juga adalah sebagai Ketua PMI Kota Tual akan membantu dan memberikan dukungan maksimal terhadap penyelenggaraan Organisasi ini dalam pelaksanaan tugas-tugas kemanusiaan selama program-program tersebut sesuai dengan kebutuhan Organisasi dan masyarakat,” katanya.

Acara pelantikan tersebut dihadiri oleh DPRD Kota Tual, Forum Koordinator Pemerintah Daerah Kota Tual, Badan SAR dan BAKAMLA Kota Tual, Kepala Dinas/Badan Pemerintah Daerah Kota Tual, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama Pimpinan Perguruan Tinggi, serta Ketua Organisasi Pemuda.(MN_Team)



Editing : Iwan Kalengkongan

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar