Marrin News

Sambut Natal, DKP Kota Tual Gelar Bazar Ikan Murah

Penukaran Kupon Oleh Warga saat Bazar Ikan
Marin News, Tual – Dalam Rangka Menyambut Natal Kristus Tahun 2016, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Tual, menggelar bazar ikan murah yang diperuntukan bagi masyarakat un dan sekitarnya.

Kepala Bidang Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan (P2HP) Shang Banjar S. Pi kepada wartawan mengatakan, Program penyediaan produk perikanan bagi masyarakat, dalam bentuk bazar ikan murah telah dilakukan sebanyak dua kali yaitu menyambut Idul Fitri dan menyongsong Natal Tahun 2016.

"Program Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Tual dengan bazar ikan murah ini guna membantu masyarakat dalam menyongsong Natal " ujar Banjar saat memimpin langsung bazaar ikan yang digelar diperempatan Tugu un kota Tual Kamis 15/12.

Shang Banjar. S. S.Pi
Lebih Lanjut Dikatakanya, Program tersebut diharapkan dapat memenuhi kebutuhan ikan bagi Masyarakat UN dan Desa Taar sekaligus meminimalisir pengeluaran, mengingat kebutuhan dalam memasuki hari hari besar keagamaan biasanya meningkat dibanding hari hari biasa lainya.

Dalam bazar tersebut P2HP telah menyiapkan  8 Jenis ikan yang dibagikan kepada warga diantaranya Ikan Baronang, Jenaha, Kurisi, Lalosi, Kerapu, Bentong, Kuwe Dan Kakap. semua jenis ikan ini didapat dari Nelayan lokal binaan DKP Kota Tual melalui pihak ke-3 dengan total jumlah ikan sebanyak 1,7 ton.

"Sebanyak 1,7 ton dengan 8 jenis Ikan yang kami siapkan dalam bazar kali ini sehingga diharapkan dapat meringankan pengeluaran masyarakat walaupun hanya digelar sehari " katanya

Selain itu sambungnya, dalam distribusi tersebut dirinya menggunakan sistem kupon dimana kupon tersebut telah lebih dulu diserahkan kepada kepala kelurahan dan kepala desa setempat guna diserahkan kepada warganya.

“ sebanyak 1000 lembar kupon bazar melalui 2 Kelurahan dan 1 Desa, yakni Kelurahan Ketsoblak, Kelurahan Lodar El dan Desa Taar yang hari ini kami bagi" katanya.

Jenis Ikan yang Dijual Pada Bazar Ikan Murah
Dijelaskanya Untuk menjaga mutu ikan tetap segar dan baik, kami mengunakan seluruh fasilitas bantuan dari kementrian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia diantaranya 1 unit Mobil Box berpendingin guna menyimpan ikan dan Ice Flake Machine yang digunakan untuk memproduksi Ice.

"Seluruh bantuan Kementrian DKP dimobilisasi  dalam rangka mendukung bazaar dihari ini"ungkapnya.

Menurutnya Kegiatan oleh DKP Kota Tual ini telah menjadi agenda tetap tahunan, mengingat antusias dan respon masyarakat akan bazaar ini sangat positif, sehingga dipastikan akan dilakukan lagi pada Tahun 2017 mendatang namun diusahakan dengan jumlah kupon yang lebih banyak lagi, sehingga bazaar ikan dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat. (RD-07).

Editing : Iwan Kalengkongan

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar