Marrin News

Peringati Hari Armada ke 71, Lanal Tual Gelar Penanaman Pohon

Penanaman 3000 Mangrove Di Desa Labetawi
Marrin News, Tual.- Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Tual menggelar Peringatan hari menanam pohon Indonesia dan menanam Nasional yang dirangkaikan dengan hari Armada RI ke 71 tahun 2016 di Desa Lebetawi Kecamatan Dullah Utara Kota Tual Jumat (16/12).

Pantauan wartawan Kegiatan penanaman pohon mangrove sekitar 3000 anakan   bekerjasama dengan Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Tual dan dihadiri Kapolres Maluku Tenggara AKBP Agus Riyanto, Ketua Pengadilan Negeri Tual Farid H. Sopamena, perwakilan unsur kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kota Tual, Camat Dullah Utara Ny. Umi Fadirubun, dan Pejabat Desa  Lebetawi Nur Renleeuw serta masyarakat Lebetawi.

Danlanal Tual Kolonel Laut (P) Hartanto Nugroho dalam sambutannya mengatakan bahwa penanaman pohon mangrove di Desa Labetawi Kecamatan Dullah Utara ini dilaksanakan secara serentak dijajaran TNI Angkatan Laut dalam rangka hari Armada Republik Indonesia Tahun 2016.

Nugroho, memaparkan dua isu utama permasalahan pengelolaan mangrove di Indonesia yaitu, isu ekologi dimana lebih dari 50% total area mangrove Indonesia berada dalam kondisi rusak, yang berakibat pada menurunnya fungsi ekologis mangrove. Lanjutnya bahwa Ada pendapat yang menyatakan konservasi dan rehabilitasi ekosistem mangrove untuk meningkatkan fungsi ekologi merupakan beban dan bukan sebagai tanggungjawab. upaya untuk merehabilitasi mangrove yang rusak masih belum mampu mengimbangi laju kerusakan yang terjadi. Sedangkan yang kedua adalah isu sosial ekonomi tentang adanya perbedaan pemahaman atas nilai dan fungsi ekosistem mangrove di antara penentu kebijakan (Policy Maker) dan masyarakat.

Lebih lanjut dikatakanya belum optimalnya partisipasi masyarakat lokal dalam perencanaan dan pengelolaan ekosistem mangrove, pemanfaatan mangrove sebagai sumberdaya yang ramah lingkungan belum berkembang.

Atas dasar itu Pangkalan TNI AL Tual merasa perlu untuk ikut juga berperan aktif dalam upayah merehabilitasi kawasan mangrove melalui penanaman tanaman mangrove. Dengan harapan agar dapat meningkatkan dan mempertahankan manfaat serta fungsi-fungsi ekosistem mangrove sebagai sistem penyangga kehidupan di Kota Tual.

“Sasaran dari kegiatan ini adalah agar terlaksananya pola pengelolaan ekosistem mangrove berbasis masyarakat dengan melibatkan pemerintah, swasta, masyarakat dan generasi muda. Keberhasilan penanaman mangrove akan memiliki dampak positif terhadap berfungsinya ekosistem mangrove secara optimal baik sebagai pelindung kawasan pesisir, meningkatkan ekonomi masyarakat memulihkan kualitas air maupun meningkatkan produktifitas ikan laut,” ujarnya.

Di akhir sambutannya, Nugroho menyampaikan terimakasih kepada semua pihak terutama kepada pemerintah Kota Tual yang telah bekerjasama dan berperan aktif sehingga kegiatan dapat berjalan dengan lancar.

“Saya berharap agar kerjasama dalam memperbaiki ekosistem mangrove di daerah pesisir dalam wilayah Kota Tual dapat terus terlaksana sehingga dapat membantu masyarakat nelayan yang berada di daerah pesisir,” harapannya.

Selain itu, Asisten I Kota Tual Syamsudin Tamher kepada wartawan usai kegiatan dimaksud, mengapresiasi dan berterimakasih kepada semua komponen terutama TNI Angkatan Laut Tual yang telah memperingati hari Armada RI ke 71 tahun 2016 yang dirangkaikan dengan kegiatan menanam pohon mangrove, dengan tujuan merehabilitasi hutan yang ada di Kota Tual.


“Kegiatan hari ini, kita berharapa memberi pengaruh kepada masyarakat untuk lebih giat dalam memelihara dan menanam sehingga jangan lagi merusak lingkungan, mari bersama sama kita menjaganya demi masa depan anak cucu kita,” himbaunya.(MN_Team)

Editing : Iwan Kalengkongan

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar