Marrin News

Memperingati 100 Tahun Injil Masuk Desa Ohoiwait.

Rentanubun :   Dalam Hidup Berbangsa Agama Merupakan Suatu Institusi Vital

Ir. Anderias Rentanubun bersama Ketua Sinode GPM Maluku


Marrin News, Langgur.- Segala sesuatu jika telah dibunuh pada kali pertama akan mati untuk selamanya, kecuali agama. Sekalipun dia seratus kali dibunuh, dia akan hidup dan bangkit lagi karena Agama memiliki Roh yang akan tetap Hidup dalam keabadiannya Hal ini di sampaikan Bupati Maluku Tenggara Ir Anderias Rentanubun dalam sambutan perayaan memperingati 100 Tahun injil masuk ke Desa Ohoiwait Senin (19/12).

Lebih lanjut dikatakanya, Dewasa ini manusia kembali yakin bahwa di tengah gemuruhnya arus perkembangan teknologi, agama tetap menjadi pegangan, kompas pedoman arah bagi manusia di setiap jejak langkahnya. 
Dalam hidup berbangsa dan bernegara misalnya, agama merupakan suatu institusi yang sangat vital. Agama hadir dan memainkan perannya sebagai stabilisator dan dinamisator yang mengatur segala realitas manusia yang sering retak.


Dijelaskan Rentanubun upacara-upacara ibadah dan tempat-tempat ibadah berfungsi sebagai sentrum dan integrator, sebagai wadah perdamaian bagi pihak-pihak yang bertentangan. Di mana agama berfungsi sebagai pemberi makna dan penjelasan atas hidup masyarakat Bagi setiap penganutnya, agama tetap dirasakan begitu penting, kendati di zaman di mana teknologi telah tumbuh menjadi suatu kekuatan tersendiri, Agama tetap kokoh berdiri. spiritualitas seperti ini, maka keharmonisan antar umat beragama akan terjalin dengan mesra secara baik ke depan.

Rentanubun mengharapkan kepada seluruh Jemaat GPM Ohoiwait dan seluruh masyarakat di Bumi Larwul Ngabal, untuk sekiranya dapat menghayati kesejatian Iman yang dianut dan menjadikan perbedaan bukan sebagai sekat pemisah tetapi sebagai warna dalam kemajemukan yang indah di Bumi Larvul Ngabal.

sehingga Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara melalui Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Maluku Tenggara tahun 2013 2018, senantiasa menitikberatkan pembangunan berbasis sosiologi kultural yang berlandaskan Iman dan Taqwa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa Sehingga Pencapaian target RPJMD tersebut tentu akan dapat terwujud apabila terjalin hubungan harmonis antara seluruh pemeluk Agama dengan pemerintah daerah sehingga Dengan semangat filosofi Ain Ni Ain,  akan dapat mewujudkan Maluku Tenggara sebagai Laboratorium Kerukunan Antar Umat Beragama.(IR_69)

Editing : Iwan Kalengkongan

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar