Marrin News

LIPI Gelar Expo LKBL

Foto Bersama
Marrin News, Langur.- Unit Pelaksana Teknis (UPT) Loka Konservasi Biota Laut, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Tual  melaksanakan Expo Loka Konservasi Biota Laut yang akan berlangsung selama 3 (tiga) hari sejak tanggal 13 sampai dengan 15 Desember 2016 yang dipusatkan di halaman kantor LIPI Tual.

Pantauan wartawan, Kegiatan tersebut melibatkan Pemerintahan Kabupaten Maluku Tenggara ( Pemkab Malra) dan Kota Tual dengan peserta yang berasal dari Desa atau Ohoi, UMKM Binaan, pelajar dan masyarakat di Kota Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara.

Sekretaris Daerah Kabupaten Maluku Tenggara Ir. Petrus Beruatwarin dalam sambutannya sekaligus membuka acara tersebut mengatakan bahwa, tujuan dari Expo Desiminasi Loka Konservasi Biota Laut Tual dan Maluku Tenggara ini adalah untuk memasyarakatkan hasil-hasil penelitian dan pengembangan yang telah dilaksanakan oleh LIPI, serta untuk mensinergikan penelitian dan pengembangan yang telah dilaksanakan oleh LIPI Tual khususnya UPT LKBL Tual dengan kebutuhan Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Tenggara dalam rangka menjawab permasalahan yang dihadapi oleh pemangku kepentingan.

Beruatwarin berharap, melalui kegiatan ini semoga banyak manfaat yang diperoleh, lebih khusus kelompok-kelompok usaha kecil yang memanfaatkan potensi kelautan secara bijak dan berkelanjutan.

“Saya mengucapkan selamat kepada LIPI Tual atas pelaksanaan kegiatan Expo Pusat Desiminasi Loka Konservasi Biota Laut Tual dan Maluku Tenggara, semoga kegiatan ini, membawa manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat Kota Tual dan Maluku Tenggara,” harapnya.

Kesempatan sama, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Loka Konservasi Biota Laut, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Tual Agus Kusnadi saat diwawancarai menuturkan bahwa, kegiatan ini merupakan kegiatan expo desiminasi hail-hasil penelitian yang selama ini dilakukannya di perairan Maluku Tenggara dan Kota Tual, selain itu juga kegiatan tersebut merupakan bagian dari program teknopak yang bekerjasama dengan Pemkab Malra sejak tahun 2015.

Dijelaskanya Tujuan mengadakan kegiatan ini adalah untuk memberikan edukasi kepada siswa dari tingkat paling bawa yaitu tingkat kanak-kanak sampai SMA untuk mengenal lebih jauh tentang dunia binatang dalam hal ini biota laut.


“Kita tau bahwa, di Maluku Tenggara dan Kota Tual ini sebagian besar merupakan wilayah perairan sehingga sejak dini harus kita memberikan edukasi mengenai kelautan, sedangkan berhubungan dengan tehnopak adalah, kami ingin mensosialisasikan  layanan-layanan terkait pemberdayaan masyarakat baik berupa pelatihan, pengolahan produk-produk berbahan baku enbal, rumput laut, dan ikan yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat Maluku Tenggara dan Kota Tual,” katanya.(MN Team)


Editing : Iwan Kalengkongan

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar