Marrin News

Lantik Satgas Saber Pungli

Rentanubun : Pemkab Komitmen Wujudkan Clean Dan Good Governance 
Foto Bersama Usai Pengkuhan Satgas Saber Pungli
Marrin News, Langgur.-  Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara melaksanakan pengukuhan Satuan Tugas (Satgas) Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) yang berlangsung di Aula Kantor Bupati Jumat (9/12).

Bupati Maluku Tenggara Ir. Anderias Rentanubun dalam sambutannya mengatakan bahwa, pungli merupakan fenomena sosial yang terjadi di seluruh pelosok tanah air Indonesia dan sudah melanda pada pelayanan publik.

"Untuk itu saya berharap agar Satgas Saber pungli ini menunjukan hasil nyata bukan seremonial semata. Kita ingin negara ini lebih baik dan Kabupaten Maluku Tenggara tambah baik agar rakyat kita merasakan pelayanan yang prima sebagai bentuk dari kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas dan kerja tuntas sebagai komitmen seluruh Aparatur Sipil Negara untuk jujur, berani dan bertanggung jawab," paparnya.

Persoalannya adalah lanjut Rentanubun, sudah berapa jauh pungli melingkupi Tubuh pemerintah, hal inilah sering menjadi sorotan bukan saja masyarakat Indonesia tetapi juga masyarakat dunia yang semakin konsen tentang isu pungli terutama berkaitan dengan investasi, untuk itu melalui pengukuhan tersebut menghadirkan info ke publik bahwa Maluku Tenggara serius berantas pungli.

Dijelaskanya, Maluku Tenggara yang merupakan Kabupaten/Kota Pertama yang telah membentuk dan mengukuhkan Satgas Saber Pungli untuk Tingkat Provinsi Maluku dan Beberapa waktu yang Ialu pula, pada acara Pembukaan Gelar Pengawasan Daerah dan Rapat Pemutahiran Data Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan Tingkat Kabupaten Maluku Tenggara Tahun 2016, telah disaksikan Penandatangan Komitmen Pencegahan dan Pemberantasan Pungutan Liar di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara.

"Hal ini menunjukan bahwa Pemerintahan ini sangat serius dan berkomitmen untuk menciptakan Clean Governance Dan Good Governance," ujarnya.

Olehnya itu, Bupati berharap agar selesainya pengukuhan ini Satgas mulai melakukan konsolidasi, koordinasi, dan komunikasi dengan semua pihak secara baik serta melakukan langkah-langkah kompherensif dengan mendahulukan kegiatan yang bersifat preventif dalam bentuk sosialisasi kepada Para Pemangku Jabatan Pemerintahan bahkan kepada seluruh Aparatur Sipil Negara agar mau mawas diri sebelum mengambil keputusan untuk melakukan Pungli.

Dirinya Juga berharap dengan kehadiran Satgas Saber Pungli ini ikut mendorong terwujudnya pelayanan publik yang lebih berkualitas dan menyentuh semua sendi-sendi kehidupan masyarakat sehingga mempercepat terwujudnya Masyarakat Maluku Tenggara sejahtera.

Pengukuhan tersebut melibatkan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Malra, unsur TNI/Polri, Kejaksaan Negri Tual dan dihadiri oleh Bupati Malra Ir. Anderias Rentanubun, Wakil Bupati Malra Yunus Serang serta Sekda Kabupaten Malra Ir. Petrus Beruatwarin.( MN _Team)


Editing : Iwan Kalengkongan

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar