Marrin News

5 Hari Upaya Evakuasi KM. Sinabung Belum Membuahkan Hasil

KM. Sinabung
Marrin News, Tual.- Kapal Muatan (KM) Sinabung Milik PT. Pelni yang kandas di perairan laut Desa Dullah Laut Kecamatan Dullah Utara Kota Tual sejak kamis (22/12/2012) hingga kini belum dapat di Evakuasi.

Sumber Koran ini di PT. Pelni Tual mengatakan upaya evakuasi KM Sinabung Dari Lokasi kandas kini telah diambil alih Oleh Tim Dari PT. Pelni pusat.

“dalam rangka investigasi serta upaya evakuasi kini menjadi kewenangan dari PT. Pelni Pusat,” Ujar sumber yang enggan namanya dikorankan kepada wartawan.

Sumber menyebutkan Dalam proses Evakuasi Tim PT. Pelni dibantu oleh Kanpel Syahbandar Tual dan terhitung Hingga hari ini sudah 3 (Tiga) Upaya evakuasi dilakukan namun belum juga mendapatkan hasil.

 Upaya evakuasi yang pertama dilakukan dengan menggunakan 2 buah takbot dan KM. Ngapulu namun tidak mengalami pergeseran yang signifikan akibat  posisi kapal (Sinabung_Red) yang berada di atas karang.

“upaya pertama tim mencoba memobilisasi takbot milik kanpel Tual dan KM. Leuser Namun tidak  membuahkan hasil,” Terang sumber.

Tidak putus asa Tim kembali lagi mencoba mengevakuasi dengan menarik kapal KM. Sinabung dengan takbot dan KM. Ngapulu namun kapal hanya berhasil diseret sejauh 17 meter dari lokasi Meti (Pasang Surut).

“dengan menggunakan KM. Ngapulu kapal hanya bergeser 17 meter karena masih tersangkut karang,” beber sumber.

Dikatakanya, Tim saat ini masih terus mencari format guna mengevakuasi kapal tersebut, dan hanya masih meminta bantuan dari Kanpel Tual, direncanakan Tim akan berkoordinasi dengan pihak lanal Tual.

Saat ini dalam rangka upaya evakuasi tim mencoba menggunakan penyelam guna menghancurkan beberapa karang yang menahan badan kapal.

“penyelam yang digunakan dalam proses evakuasi ke tiga ini memakai Tim Snorkling dari syahbandar Tual, semoga upaya ke tiga ini berhasil,” harapnya.(RK_86)

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar