Marrin News

Terkait Percepatan Pengukuran Dan Pendaftaran Kapal

Minabari : SDM Dan Personil Di Kanpel Tual Siap
Kasubdit Pengukuran, Pendaftaran dan Kebangsaan Kapal Kementrian Perhubungan Jece Julita Piris, bersama Kepala Kantor Penyelenggara Pelabuhan (Kanpel) Tual Humaid Minabari 
Marrin News, Tual.- Dalam rangka Program Dari Kementrian Perhubungan guna  Percepatan pengurusan Penerbitan Dokumen Kapal Dan Surat Ukur Kapal, Kepala Sub Direktorat (Kasubdit) Pengukuran, Pendaftaran dan Kebangsaan Kapal Kementrian Perhubungan Jece Julita Piris, bersama Kepala Kantor Penyelenggara Pelabuhan (Kanpel) Tual Humaid Minabari Dan Kepala Kantor Pelabuhan Perikanan Nasional (PPN) S. Jaftoran bertempat di Kantor Kanpel Tual menyerahkan Dokumen diantaranya Dokumen Grose Akte, Surat Ukur dan Pas Kepada  5 (lima) Kapal Bantuan Kementrian Perikanan Bagi Kelompok Usaha Bersama Bina Maritim pada Jumat (25/11/2016).

Pantauan Wartawan, Penyerahan dokumen kepada 5 kapal diantaranya kelompok usaha bersama dikota Tual yaitu kapal KM. Mina Maritim 151,  Kabupaten Maluku Tenggara Barat KM. Mina Maritim 152 dan Kabupaten Kepulauan Aru sebanyak 3 unit kapal diantaranya KM. Mina Maritim 153, KM. Mina Maritim 154 dan KM. Mina Maritim 155 dipimpin langsung Humaid Minabari.

Penyerahan Dokumen Kapal
Usai kegiatan, Kasubdit Pengukuran, Pendaftaran dan Kebangsaan Kapal Kementrian Perhubungan Jece Julita Piris kepada wartawan mengatakan kedatangan dirinya ke Ambon, Aru, Saumlaki Dan Tual untuk menyelesaikan Dokumen Khusus untuk Kapal Pengadaan Bantuan Kementrian Perikanan.

“ untuk Pengukuran kapal sendiri bisa dilakukan di Saumlaki, Aru, Ambon Dan Tual tapi untuk pendaftaran kapal hany bisa dilakukan di Ambon Dan Tual “ Ujarnya

Dikatakanya kalau sebelumnya pengurusan pengukuran  dan pendaftaran kapal biasanya dilakukan bisa mencapai sebulan namun dengan adanya program percepatan maka pengurusan hanya berlangsung satu hari.

Sementara itu kepala Kanpel Tual Humaid Minabari kepada wartawan mengatakan syahbandar Tual siap secara Personil Dan Sumber Daya membantu baik itu kapal barang, nelayan dan kapal penumpang dalam urusan pengukuran kapal.

“ saat ini pelabuhan tual siap mengukur kapal kapal dalam negri,  sesuai yang dikatakan Kasubdit Pengukuran dan pendaftaran kapal,  syahbandar Tual Kedepan bisa mengukur kapal kapal internasional dengan ukuran 24 meter untuk itu pada januari nanti akan didatangkan ahli ukur untuk ditempatkan di pelabuhan tual” jelas minabari

Lanjutnya, Untuk pendaftaran kapal  berdasarkan surat dari mentri perhubungan dimana telah di tetapkan 52 pelabuhan dan untuk Maluku hanya pelabuhan ambon dan tual yang memiliki kewenangan untuk pendaftaran kapal.

“ biasanya dalam pengukuran kapal para pemilik kapal sering menganggap mudah padahal ada beberapa Data yang harus disiapkan diantaranya keterangan Tukang, keterangan galangan, keterangan camat atau kepala desa dimana kapal ini dibuat hal ini guna secara jelas kami mengetahui asal usul kepemilikan kapal “ tutupnya

Rustam Efendi salah satu nelayan penerima bantuan kapal ikan  kepada wartawan usai kegiatan tersebut mengungkapkan bahwa, sangat berterimakasih kepada Kementrian Kelautan dan Perikanan dan Kementrian Perhubungan atas bantuannya sehingga dokumen perijinan kapal bisa terselesaikan dengan cepat.


“Saya sangat berterimakasih, semoga dengan adanya bantuan ini penghasilan kami bisa bertambah, dan usaha kami dapat maju dan berkembang. dan untuk peralatan penangkapan yang masih kurang bisa diselesaikan secepatnya” harapnya. (MN_TEAM)

Editing : Iwan Kalengkongan

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar