Marrin News

Memperingati HKN ke 52

Walikota Tual Canangkan Tahun Ke 2 POPM

Walikota Tual Adam Rahayaan Saat Memberikan secara simbolis Obat pencegahan Kaki Gajah
Marrin News, Tual.- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tual memperingati Hari Kesehatan Nasional Kota (HKN) yang ke-52 tahun 2016 berpusat di Desa Sermaf Ibu Kota Kecamatan Pulau-pulau Kur Kota Tual pada Senin (14/11).

Pantauan wartawan pada upacara yang digelar dilapangan Desa Tubyal Ibu Kota Kecamatan Pulau Pulau Kur tersebut  Walikota Tual Adam Rahayaan yang bertindak selaku Pembina upacara dengan inspektur upacara Bripka I Umar Ternate

Walikota dalam membacakan sambutan mentri Kesehatan  Ny Nila Farid Moeloek, Sp.M (K) mengatakan Rencana pembangunan jangka panjang 2005-2024 menetapkan pembangunan kesehatan menuju ke arah pengembangan kesehatan dari upaya kesehatan yang bersifat kuratif bergerak ke arah kesehatan prefentif dan promotif sesuai kebutuhan dan tantangan kesehatan.

“Tantangan kesehatan saat ini bahwa, Indonesia menghadapi masalah kesehatan yaitu masih tingginya penyakit infeksi meningkatnya penyakit tidak menular dan munculnya kembali penyakit-penyakit yang seharusnya sudah teratasi,” ungkapnya.

Lanjut Rahayaan, kematian yang diakibatkan oleh penyakit-penyakit yang tidak menular, menduduki peringkat pertama dengan demikian kemungkinan akan berlanjut seiring dengan perubahan perilaku hidup di masyarakat. Tentunya ini menjadi ancaman bagi produktifitas bangsa kita, di usia produktif yang besar dan seharusnya memberikan kontribusi pada pembangunan akan terancam apabila derajat kesehatannya terganggu oleh penyakit tidak menular dan perilaku hidup tidak sehat.

Dikatakanya Hal ini diperlukan upaya pendekatan promotif dan prefentif untuk menjawab berbagai tantangan kesehatan karna pada dasarnya, penyakit menular maupun tidak menular pada perilaku indifividu yang didukung dengan kualitas lingkungan, kesediaan sarana dan prasarana, peningkatan pelayanan kesehatan, menciptakan sumberdaya kesehatan yang berkulitas serta dukungan regulasi.
Dengan demikian, peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-52 ini, tentu merupakan momen untuk berbagi tantangan dan menguatkan komitmen meningkatkan tekad dan semangat kita semua untuk lebih memberi makna kepada masyarakat akan pentingnya kesehatan.

“Melalui Hari Kesehatan Nasional tahun ini kita lebih meningkatkan semangat untuk memberi makna kepada masyarakat,” harapannya.

Selain itu, di akhir upacara memperingati Hari Kesehatan Nasional ke-52 tahun 2016, dilanjutkan dengan Pemberian Obat Pengobatan Massal (POPM) oleh tim pencegahan bulan eliminasi penyakit kaki gajah, dengan minum obat bersama, guna memutuskan rantai penyakit kaki gajah, hal ini dikarenakan Kota Tual merupakan salah Kabupaten/Kota di Maluku yang mempunyai kasus penyakit tersebut. Berdasarkan data dari Dinkes Kota Tual, tercatat tiga penderita diantaranya, satu orang berasal dari Kecamatan Dullah Selatan yang diketahui telah meninggal dunia, sementara dua penderita terdapat di Kecamatan Pulau-pulau Kur yang kini telah dalam penanganan oleh tim Dinkes Kota Tual. (RK_86)



Editing : Iwan Kalengkongan

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar