Marrin News

“Boeing” Landing Perdana di Langgur



Langgur – Pesawat Boeing 737 Seri 200 milik TNI AU dari Skuardon V Makasar melakukan tes lending di Bandara Karel Sadsuitubun Langgur, Maluku Tenggara, Jumat (4/11) kemarin. Pesawat dengan nomor registrasi AI-7.303 dipiloti Kolonel Pnb. Beny Arfan yang terbang dari Makasar dan berhasil mendarat mulus disaksikan Bupati Malra, Andreas Rentanubun, pimpinan SKPD dan masyarakat setempat.

Pilot Pesawat, Beny Arfan mengatakan, tes lending tersebut merupakan inisiatif pihak TNI AU untuk kepentingan pertahanan nasional. “uji coba pendaratan ini dalam rangka kepentingan pertahanan nasional. Pendaratan ini juga untuk memastikan landasan pacu (runway) Bandara Karel Sadsuitubun sudah sangat layak untuk didarati pesawat berbadan lebar“ kata Arfan kepada wartawan usai mendaratkan armada Boeing.

Arfan menjelaskan, posisi Kabupaten Malra secara Nasional sangat strategis, disebelah selatan ada laut Arafura yang memiliki berbagai potensi sumber daya alam dan rawan ilegal fishing. Itulah sebabnya, Bandara Karel Sadsuitubun akan digunakan sebagai Home base dalam rangka patroli maritim dan pengintaian udara oleh TNI AU.

“ kalau Pemda Malra membuka ruang maka tak menutup kemungkinan akan dibuka akses pertahanan lainnya, daerah ini sangat strategis dan cocok untuk membangun sistem pertahanan udara guna mengontrol laut kita dari udara, kita akan kerja sama dengan Pemda untuk kegiatan pertahanan lain “ jelasnya.  

Menurutnya, kondisi bandara dan sarana navigasi yang tersedia layak untuk didarati armada pesawat berbadan lebar, seperti Boeing 737 seri 200 hingga 900. “ kondisi bandara sudah sangat layak kok, buktinya kita lakukan tes landing hari ini berjalan sangat mulus dan memuaskan. “ jelasnya.


Ditempat sama, Bupati Malra, Andreas Rentanubun  menyampaikan apresiasi kepada TNI AU yang melakukan tes lending di Bandara KS Langgur. Menurutnya, Pesawat TNI AU tersebut merupakan pesawat Boeing pertama yang mendarat di Maluku Tenggara. “ ada banyak maskapai yang sudah bersedia melakukan uji coba terbang di sini dan tinggal menunggu prosesnya saja “ ulasnya.(team rb)

Editing : Iwan Kalengkongan

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar