Marrin News

Putri Pariwisata : Dunia Harus Tau Keindahan Dan Keunikan Kei

Marrin News, Langgur.- Selain di Ohoi Revav, panitia Festival Pesona Meti Kei (FPMK) juga melaksanakan tangkap ikan tradisional atau tarik tali yang di Laksanakan di Desa Abean Kecamatan Kei Kecil Timur Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) Kamis (20/10).
Hasil pantauan media ini menyebutkan sebelum pelaksanaan acara wer warat Met ef Songbarlus (Tarik Tali) di awali dengan Ritual  Adat oleh Pejabat Desa Abean Muhamad Isnain Kobarubun.

Pelaksanaan  wer warat atau tarik tali (Met Songbarlus) yang di pusatkan di Desa Abean berlangsung meriah karena di hadiri oleh ribuan Masyarakat baik dari Maluku Tenggara, Kota Tual maupun tamu undangan yang datang dari luar Daerah.


Putri Pariwisata Indonesia tahun 2015 Delfia Wirajaya yang turut menyaksikan acara Ritual Adat Masyarakat Kei itu kepada Wartawan menyampaikan bahwa, meti Kei merupakan fenomena alam yang hanya ada di Kepulauan Kei, olehnya itu menurutnya ini bisa dijual agar ketahui oleh banyak orang baik secara Nasional maupun Internasional.

"Parawisata di kepulauan kei luar biasa karena ini merupakan fenomena alam sehingga
Pemerintah Daerah baik Maluku Tenggara mapun Kota Tual di harapkan  harus aktif dalam mempromosikan destinasi wisata di kepulauan Kei  agar kedepan diketahui oleh mancanegara apa lagi Adat Budaya dan Kearifan Lokal serta Destinasi Wisata yang memiliki keunikan di Kepulauan Kei  tidak di temukan di Daerah lain di Indonesia bahkan di dunia ini hanya di Kei’’jelasnya.

Dijeskanya Tugasnya sebagai Putri Pariwisata akan membantu Pemerintah Daerah di Kepulauan Kei  dalam  promosi destinasi wisata yang sunggu luar biasa ini, kita akan lebih fokus untuk bagaimana memberitahukan kepada dunia bahwa di Indonesia banyak tempat yang bagus salah satunya ada di Kepulauan Kei ini, Karna di dunia baru pernah ada festival seperti ini.
"Untuk itu, media sosial harus dimanfaatkan untuk mempromosikan, dalam bentuk postingan foto agar diketahui oleh dunia. Dan ketika mereka datang sudah barang tentu akan meningkatkan ekonomi masyarakat Kei sendiri," Pintanya.


Hadir dalam acara Tarik Tali Met Songbarlus, Wakil Gubernur Maluku Zet Sahuburua  Bupati Malra Anderias Rentanubun, Ketua DPRD Malra Thadeus Welerubun Wakil Bupati Maluku Tenggara Yunus Serang,Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Aru Muin Sogalrey, Anggota DPRD Profinsi Maluku Jhon Rahantoknam,Sekretaris Daerah Kabupaten Malra Petrus Beruatwarin dan Anggota DPRD Kota Tual maupun Anggota DPRD Kabupaten Maluku Tenggara serta pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lingkup Kabupaten Malra, serta pimpinan TNI/Polri.(IR_69)

Editing : Iwan Kalengkongan

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar