Marrin News

Pemkab Aru Diminta Segera Lantik Sekda Definitiv

Pemkab Kepulauan Aru
Marrin News, Langgur.- persoalan penyelenggaraan Pemerintahan Kabupaten Kepulauan Aru (Pemkab Aru) dimana hingga saat ini belum dilantiknya sekretaris daerah (Sekda) devinitif membuat Sejumlah Aktifis dan Akademisi asal Kepulauan Aru yang berdomisili diLanggur Kabupaten Maluku Tenggara angkat bicara melalui juru bicaranya Ketua Perhimpunan Mahasiswa Aru Abdullah Patikaloba kepada wartawan menyayangkan sekaligus prihatin ats kondisi tersebut.

"Saya sangat menyangkan sikap pemkab Aru yang terkesan lambat dalam penetapan Sekda definitif, pasalnya sudah satu Tahun masih dijabat Plt Sekda" jelas Patikaloba kepada wartawan belum lama ini

Lebih lanjut patikaloba mengatakan Walaupun ada pendapat yang mengatakan Plt Sekda tidak mengganggu jalannya pemerintahan di Aru namun menurutnya sebaiknya penetapan Sekda definitif jangan terlalu lama jika ini berlarut-larut bisa berakibat buruk pada kinerja SKPD yang ada, walaupun saat ini Plt sekda sudah bekerja maksimal namun kewenanganya masih terbatas sesuai perundang-undangan yang berlaku.

Selain itu,sambungnya,dari struktur kepegawaian dan kepangkatan Arens Uniplaita selaku Pelaksana Tugas Sekda Aru saat ini layak untuk dilantik sebagai sekda definitive namun yang bersangkutan ibarat boneka hal ini diduga ada permainan dari pihak luar sehingga penetapan sekda Aru terkesan berjalan ditempat.

Dijelaskanya sesuai prsedur dan kepangkatan, Arens Uniplaita dan beberapa calon sekda sebelumnya telah  mengikuti Lelang Jabatan dan Uniplaita dinyatakan lolos seleksi akhir oleh tim panitia seleksi namun sampai sekarang hasil tersebut belum ditindak lanjuti sehingga dari kondisi yang ada muncul segudang pertanyaan dan keresahan, ada apa dengan Pemerintah Aru? apakah hasil lelang jabatan tidak mengakomodir kepentingan yang ada sehingga sengaja diperlambat ? ataukah mungkin ada titipan oknum tertentu dalam pengisian jabatan sekda?

Atas kondisi tersebut dirinya meminta kepada Bupati Kepulauan Aru DR. Johan Gonga untuk segera memutuskan dan memilih sosok yang tepat sesuai perundang undangan yang berlaku guna dilantik menjadi sekda definitive, hal ini agar tidak mengganggu jalanya pemerintahan dan mengganggu  pelayanan bagi rakyat Aru. (Rudy)


Editing : Iwan Kalengkongan

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar