Marrin News

Pasar Higienis Langgur Tampung 240 Pedagang

Marrin News, Langgur.-.Pasar ini di peruntukan untuk menjual sayur, rempah-rempah, buah-buahan dengan daya tampung 240 pedagang dimana  sudah di bagikan tempat untuk 40 Ohoi yang secara bergantian menjual barang di pasar Higienis Langgur Hal ini dikatakan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Maluku Tenggara Luky Rertaubun saat menyampaikan laporan pada Pengresmian Pasar Higienis Langgur Kabupaten Maluku Tenggara pada Sabtu (15/10).

Lebih lanjut Retraubun mengatakan bahwa pasar langgur adalah pasar induk sekaligus merupakan pusat pergerakan ekonomi masyarakat yang ada di kabupaten Maluku Tenggara oleh karena itu kabupaten Maluku Tenggara terus mendorong dan meningkatkan kualitas sarana distribusi perdagangan yaitu melalui Pembangunan Pasar Higenis yang ada di langgur.

Dijelaskanya bahwa pembangunan pasar dilakukan dalam tiga tahapan yaitu tahap pertama pembangunan pada tahun 2014 dengan alokasi dana khusus bidang sarana perdaganangan dengan dana Rp.1.623,200 pembangunan tahap ke kedua pada tahun 2015 dengan alokasi dana khusus bidang sarana perdagangan dengan dana Rp.2.65.50.000.000 dan pembangunan tahap ke tiga dengan dana Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah Kab Malra tahun 2016 sebesar Rp. 846.378.000. Dengan demikian total keseluruhan dana untuk membangun pasar Higienis Langgur sebesar Rp. 4.534.928.000 dengan luas 45 x 30 meter dengan struktur baja.

Secara terpisah Kepada wartawan salah seorang penjual Ibu Nona Rahayaan saat diwawancarai mengatakan dengan difungsikanya pasar Higienis maka kedepan akan membuat pasar Langgur semakin rame dikunjungi pembeli.

Hal ini dikarenakan, sambung Rahayaan bertolak dari sejarah pasar langgur  dimana dulunya sangat sepi dan tidak seramai sekarang namun berkat komitmen Bupati Maluku Tenggara dalam meningkatkan pelayanan serta akses transportasi sehingga saat ini pasar langgur mengalami kemajuan yang sangat pesat

“ banyak pengusaha kecil kini berebutan untuk mendapatkan  tempat berjualan dipasar langgur hal ini dikarenakan baik masyarakat langgur maupun kota Tual sangat banyak yang berbelanja disini “ ujarnya (Boy)



Editing : Iwan Kalengkongan

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar